Pelatihan penggunaan media pembelajaran pecahan di SDN Melong Mandiri 5
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i3.11947Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit karena bersifat abstrak oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menjembatani proses berpikir siswa dari hal konkrit pada hal yang abstrak. Salah satu materi yang dianggap sukar yaitu materi pecahan media pembelajaran interaktif dapat menjadi solusi untuk mempelajari pecahan. Media pembelajaran sejatinya dimanfaatkan guru agar hasil belajar maksimal namun pada kenyatannya penggunaan media pembelajaran sering diabaikan karena keterbatasan keterampilan guru dan siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran oleh karena itu tujuan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan media pembelajaran pecahan. Metode dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan dengan 3 sesi, sesi 1 yaitu pelatihan media blok pecahan, sesi 2 pelatihan geogebra pecahan dan sesi 3 pelatihan PPT pecahan. Sasaran dari pelatihan ini yaitu siswa SD kelas 6 di SDN Melong Mandiri 5 sebanyak 84 siswa, Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan siswa yakni lembar observasi dan angket dengan 4 pilihan jawaban. Hasil pelatihan menunjukan program pelatihan ini yaitu ketercapaian keterampilan siswa dalam menggunakan media pembelajaran pecahan setelah pelatihan dilaksanakan pecahan masuk kedalam kategori baik. Rekomendasi dari program ini yakni selain siswa, guru sebagai fasilitator belajar memerlukan pelatihan penggunaan media pembelajaran agar hasil belajar siswa semakin optimal.
References
Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258
Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). Pengembangan Media Ludo Math Pada Materi Pecahan Sederhana Bagi Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4709
Bulut, M., Akçakın, H. Ü., Kaya, G., & Akçakın, V. (2016). The effects of geogebra on third grade primary students’ academic achievement in fractions. Mathematics Education, 11(2), 327–335.
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, Sukma, M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1).
Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Dolhasair, G., & Siti Istiyati, K. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(3).
Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
Kadarisma, G., & Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal Theorems, 2(2), 1–12.
Ketut, S. I. (2016). Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SD. Universitas Hindu Indonesia.
Khusnah, M., Tuken, R., & Lukman. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga Di. Pinisi, 1(2), 124–131.
Ledford, B. R., & Sleeman, P. J. (2000). Instructional Design : A Primer. Educational Technology.
Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations. ECTJ, 30(4), 195–232.
Mardati, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Datar Untuk Mahasiswa Pgsd Uad. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 1. https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a7246
Nindi Citra SetiaDewi, Karlimah, S. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Concept-Rich Instruction terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa SD. 86–95.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Membandingkan Pecahan, 6(1), 90–100.
Reynolds, A., & Anderson, R. H. (1992). Selecting and Developing Media For Instruction.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.
Saputra, E., Bahri, S., & Fahrizal, E. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Pada Matakuliah Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. Numeracy, 6(2), 9–25.
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa Pgsd Uad. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa Pgsd Uad, 5(2), 52–61.
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Pelajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 44.
Syahruddin, D. (2010). Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. , 2(1). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).
Teni Nurita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).