Meningkatkan minat baca dan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak di Desa Bunder Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan

Authors

  • Muhammad Aprianto Budie Nugroho Universitas Kuningan
  • Erwin Oktoma Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Kuningan
  • Yayan Suryana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Kuningan
  • Auliyah Hasanah Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Kuningan
  • Giaz Nutrian Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21885

Abstract

Data terakhir di tahun 2022 menunjukan minat dan kemampuan baca dari anak-anak di Indonesia memperlihatkan hasil yang kurang menggembirakan. Hal tersebut menimbulkan keprihatinan kami sebagai akademisi yang berkecimpung dalam pendidikan. Maka dengan fakta tersebut kami mengajukan program pengabdian Masyarakat berupa program meningkatkan minat dan kemampuan baca daari anak-anak di Desa Bunder, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan. Kegiatan pengabdian ini berjalan selama tiga hari. Langkah yang kami lakukan mulai dari sosialisai, kemudian pelaksanan program pengabdian ini, berdasarkan proses pengabdian yang kami lakukan selama tiga hari menunjukan bahwa terdapat peningkatan dari minat baca dan kemampuan baca para siswa, hal tersebut bisa dilihat dari antusiasme yang terlihatbdari keterlibatan para siswa dalam program kami, dan juga berdasarkan masukan dari Kepala Sekolah, guru kelas, dan orang tua anak-anak yang terlibat dalam program ini.

 

References

Ahdiat, Adi. (2023). PISA 2022: Kemampuan Membaca Pelajar Indonesia Tergolong Rendah di ASEAN. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/08/pisa-2022-kemampuan-membaca-pelajar-indonesia-tergolong-rendah-di-asean.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Desy, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2).

Dewi, V. R. G., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2).

Djuko, R. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Di Paud Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 1(4), 129-136.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan komik akidah akhlak untuk meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17-26.

Fitri, N. L., & Istiqlaliyah, H. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 5(2), 122-132.

Hafizah, H., Utama, A., & Saragih, N. S. (2019). Peran Gerakan Literasi Di Sekolah Dalam Membentuk Minat Baca Siswa Di Sma Kartika I-2 Medan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 81-88). FBS Unimed Press.

Hasbih, H., Kadir, S., & Masdul, M. R. (2019). Upaya meningkatkan minat baca peserta didik melalui media buku cerita di SMP 2 Lakea (satap lakuan) dalam tinjauan pendidikan islam. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1).

Hidaya, Z. Y. P., Laily, I. F., & Ummah, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 144-156.

Pattiasina, P. J., Fatmawati, E., & Wulandari, M. (2022). Penggunaan Metode Mendongeng Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667-674.

Rajani, Ferdiyanto. (2023). Mewujudkan Generasi Emas 2045 Melalui Bahasa dan Sastra. Diakses dari https://balaibahasakalteng.kemdikbud.go.id/mewujudkan-generasi-emas-2045-melalui-bahasa-dan-sastra/

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kemampuan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115-120.

Downloads

Published

2024-04-22