EFEKTIFITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PROSES MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Mustika Yanti TK.Permata Bunda Kp.Budigalih Tanjungjaya Cihampelas
  • Agus Sumitra IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi
  • Ghina Wulansuci IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jendral Sudirman, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10425

Keywords:

Speaking Ability, Media Audio Visual, Online Learning

Abstract

This research is motivated by the presence of children who are rather difficult in speaking and the high level of learning difficulties of children during the pandemic at TK Permata Bunda. To improve the child's speaking process, one of them is by using audio-visual media. Therefore, this study aims to describe the scenario and implementation of the Effectiveness of Audio-Visual Media in the process of improving children's speaking skills. This study uses a qualitative descriptive method with the research subjects of group B children in Kindergarten Permata Bunda, which has 12 children. Collecting data using interview instruments, observation sheets, and documentation. Data were analyzed through data reduction, data display, and verification or concluding, this study showed that children's speaking skills developed very well after using audio-visual media in eight meetings. Audio-visual media is one of the tools that children are interested in in the learning process that is more fun during a pandemic like today so that children can speak fluently, children dare to express ideas to others, children dare to ask and answer questions, children dare to convey activities that have been done, and can compose sentences properly and correctly. These results indicate that audio-visual media can improve children's speech development.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak yang agak sulit dalam berbicara dan tingginya tingkat kesulitan belajar anak selama pandemic di TK.Permata Bunda.Untuk meningkatkan proses berbicara anak, salah satunya dengan menggunakan media audio visual.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasidariEfektifitas Media Audio Visual dalam proses meningkatkan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelompok B di TK Permata Bunda yang berjumlah 12 orang anak.Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan, penelitian ini menunjukan hasil bahwa kemampuan berbicara anak berkembang sangat baik setelah menggunakan media audio visual dalam delapan kali pertemuan. Media audio visual merupakan  salah satu alat yang diminati anak dalam proses pembelajaran yang lebih menyenangkan di masa pandemi seperti sekarang ini, sehingga anak dapat berbicara dengan lancar, anak berani mengemukakan Ide kepada orang lain, anak berani bertanya dan menjawab pertanyaan, anak berani menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan, dan dapat menyusun kalimat dengan baik dan benar. Hasil tersebut menunjukan bahwa media audio visual dapat meningkatkan perkembangan berbicara anak.

References

Ariyanti, T. [2016]. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/3j9qb

Andrisyah, A. [2019]. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Inquiry (Penelitian Tindakan di kelompok A TK Bakti Mulya 400, Pondok Indah, Jakarta Selatan Tahun 2015). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 60-70.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pan

demi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4)

-288

Depdiknas. (2007). Metode Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. LUXIMA METRO MEDIA.

Korbiyah. (2018). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui media audio visual pada anak kelompok b di ppt kasih bunda peneleh surabaya. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Mulyani, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak Dan Lagu Di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 13-24.

Rachmawati, Y & Kurniati, E (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:

Tarigan, Guntur, H. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Alfabeta

Downloads

Published

2022-03-02