DAMPAK RENDAHNYA PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HAK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Eva Dwi Mulyati Taman Kanak-kanak (TK) Andria, Kota. Cimahi, Indonesia
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12329

Keywords:

Parent's Income, Right to Early Childhood Education

Abstract


The purpose of the study was to determine the impact of the low income of parents on the fulfillment of the rights to early childhood education. The method used is descriptive and qualitative, with the aim that researchers can analyze, explain, and summarize based on conditions and data collection based on the results of interviews and observations. The subject of the research was the community of Sukarasa RW 11, which had an early age of 100 heads of families. The sample in this study was taken from 10% of the population, namely 10 people. Data collection techniques with interviews and observations of the community Sukarasa RW 11 took 10% of the population, namely 10 people. The data obtained were analyzed with an approach to obtain conclusions. The type of analysis used is discourse analysis and the process of data analysis through three stages, namely data collection, data reduction, and conclusion. It can be said based on the results of the study that the level of income of parents can affect the fulfillment of children's education rights. Poor economic conditions do not make early childhood education necessary necessity. Meanwhile, Early Childhood Education is very important to prepare for the level, help the growth and development of children as well as teach children to be able to socialize with the environment, and build children's character from an early age.

Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak dari rendahnya pengahasilan orang tua terhadap terpenuhinya hak Pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif, dengan tujuan agar peneliti dapat menganalisis, menjelaskan, dan meringkas berdasarkan kondisi dan data yang dikumpulkan berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Subjek penelitian masyarakat daerah sukarasa RW 11, yang memiliki anak usia dini yaitu sejumlah 100 kepala keluarga. Sampel pada penelitian ini diambil 10% dari populasi yaitu 10 orang.  Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi kepada masyarakat sukarasa RW 11 diambil 10% dari populasi yaitu 10 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan kualitatif sehingga mendapatkan kesimpulan. Jenis analisis yang dipakai analisis wacana dan dalam proses analisis data melalui tiga tahapan, yaitu pengumpulana data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian Bahwa tingkat pendapatan orang tua dapat mempengaruhi dalam memenuhi hak Pendidikan anak. Keadaan kondisi ekonomi yang buruk tidak menjadikan pendidikan anak usia dini sebagai suatu kebutuhan yang hal perlu diutamakan. Sedangkan pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting untuk mempersiapkan kejenjang selanjutnya, membantu pertumbuhan dan perkembangan anak juga mengajarkan anak agar dapat bersosialisasi dengan lingkungannya dan membangun karakter anak sejak dini.

References

Darmadi, H. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: CV Alfabeta.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Grasindo.

Lina, A. (2018). Pengaruh Pendapatan Orangtua Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Desa Kibang Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri. 2018.

Morrison, G S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Setiawan, W., & Aprianti, E. (2018). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Biblioterapi Anak Usia Dini Kelompok A di Kober Warna Plus. Jurnal Ceria, 1(4), 7-

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Todaro, Michael. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketujuh Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Suyadi & Maulidya U. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pendidikan.

Undang–undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Downloads

Published

2022-09-30