PENERAPAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN TEKNOLOGI (TIK) DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Wida Ningsih Kelompok Bermain (Kober) Asy-syifa, Kab. Garut
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ririn Hunafa Lestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i1.13773

Keywords:

ICT Media, Mathematical Logic Intelligence, Online Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi dari penerapan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika melalui pembelajaran daring pada anak usia dini. Pengembangan kecerdasan logika matematika anak penting untuk dikembangkan karena kecerdasan ini berkenaan dengan kemampuan anak dalam mengenal dan memahami simbol-simbol dan angka-angka. Salah satu media yang dapat diterapkan dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika adalah dengan media TIK. Media TIK dirasa sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran daring saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak Kelompok B Kober Asy-syifa yang berjumlah 12 orang anak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan wawancara. Analisis data berupa aktivi- tas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian ini menunjukan kecerdasan logika matematika anak berkembang dengan baik setelah diterapkannya media TIK melalui pembelajaran daring. Hasil tersebut memberikan implikasi bahwa penerapan media TIK dapat mengembangkan kecerdasan logika matematika anak.

This study aims to describe the scenario and implementation of the application of Informatio- nand Communication Technology (ICT) media in developing mathematical logic intelligence through online learning in early childhood. The development of children's mathematical logic intelligence is important to develop because this intelligence is related to the child's ability to recognize and understand symbols and numbers. One of the media that can be applied in devel- oping mathematical logic intelligence is ICT media. ICT media is considered very important in supporting the current online learning process. The research method used in this study is a qual- itative descriptive method with 12 children as the subject of Group B Kober Asy-Syifa. Data were collected through observation sheets, interview instruments and documentation. Data analysis is in the form of data reduction activities, data display and drawing conclusions. Based on the data from this study, it shows that children's mathematical logic intelligence develops well after the implementation of ICT media through online learning. These results imply that the application of ICT media can develop children's mathematical logical intelligence.


References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghani. (2021). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandar Lampung: SMA YP Unila

Huda, M.Q. (2017). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran PAUD. Retrivied from https://api.uinjkt.ac.id

Moleong. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71. 10.31004/obsesi.v1i1.32

Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana.

Nisa, L. C. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 7(2), 91-112. 10.21580/sa.v7i2.651

Purwaningtyastuti, E. (2012). Mingkatkan kecerdasan logika-matematika anak Melalui Bermain Balok Kelompok A di TK An Nisa'Marditani Celep Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1–10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4– 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Human- iora, 4(3), 193-205. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2). 121-139. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232

Yasin. (2012). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Kelompok B TK Kartika Kecamatan Kota Gorontalo (Skripsi Univer- sitas Negeri Gorontalo, 2012).

Downloads

Published

2023-01-06