PAPAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Elis Sumiati Kelompok Bemain (Kober) Al-Furqon, Kab. Garut, Indonesia
  • Komala Komala Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i1.13924

Keywords:

Snakes and Ladders Board, Online Learning, Early Childhood, Counting Ability

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu semenjak pembelajaran daring kemampuan berhitung anak di Kober Al-Furqon masih kurang berkembang. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang masih memberikan materi pembelajaran secara monoton lewat whatsapp hanya disuruh menulis dengan melihat lembar kerja anak dan buku-buku tanpa adanya media yang digunakan. Oleh karena itu peneliti mencari solusi dengan menggunakan media papan ular tangga dalam pembe- lajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran daring, kesulitan anak dan kendala guru pada pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media pa- pan ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dalam delapan kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Subjek penelitian berjumlah 10 orang, 5 laki-laki dan 5 perempuan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui pembelajaran daring, respon anak dan gu- rupun menunjukan respon yang positif, namun dalam pembelajaran daring ini terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi anak dan kendala yang dihadapi guru namun dapat teratasi sehingga pembelajaran dapat terlaksana dan menunjukan hasil yang signifikan dalam kemampuan berhitung.

The background of this research is that since online learning children's numeracy skills in Kober Al-Furqon are still underdeveloped. This is because teachers who still provide learning materi- als monotonously via WhatsApp are only told to write by looking at children's worksheets and books without any media used. Therefore, researchers are looking for a solution by using the snake and ladder board media in online learning to improve children's numeracy skills. This study aims to determine the scenario and implementation of online learning, the difficulties of children and the teacher's obstacles in online learning in improving children's numeracy skills through the snake and ladder board media. This study used a qualitative descriptive research method which was conducted in eight meetings. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and documentation. Data were analyzed using qualitative analysis, namely data reduction, presentation, and data verification. The research subjects were 10 people, 5 men and 5 women. The results of this study indicate that the use of snake and lad- der board media can improve children's numeracy skills through online learning, the responses of children and teachers also show a positive response, but in this online learning there are some difficulties faced by children and obstacles faced by teachers but can be overcome so that learn- ing can be carried out and show significant results in numeracy skills.


References

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Handayani. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Ilmiah Pes- ona PAUD. 1 (3), 1-14. https://doi.org/10.24036/1659

Idris, M. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata. 37-43.

Khalidiyah. (2021). Kendala Yang Dihadapi Guru dalam Pembelajaran Daring. Retrivied from https//www.kompasaina.com/ sitifarahkhalidiyah9274/604cf2818ede486ce1514902/kendala-yang-dihadapi- guru-dalam-pembelajaran-daring

Pahlevi. (2020). Kesulitan Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Retrivied from: https://www.kompasaina.com/berthanandityajeni/5fecd148ede4860875a3292/ke- sulitan-belajar-daring-di-masa-pandemi-covid-19.

Permendikbud. (2018). Standar Nasional PAUD. Jakarta:Permendikbud.

Pernantah. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “MIKIR†Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Jounal Of Social Science Education. 1 (2), 145-155. http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1929

Putri, L. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan strategi bermain stick angka di Paud. Belia jurnal: Jurnal Ilmiah PG-PA UD IKIPVeteran Semarang, 2(2).

Solehudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Sriningsih. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung:Pustaka Sebelas.

Downloads

Published

2023-01-06