KISAH SAHABAT UMAR BIN KHATTAB UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP SOPAN SANTUN ANAK USIA DINI

Authors

  • Nani Siti Hodijah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Bandung, Kota Bandung, Indonesia
  • Ghina Wulansuci Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.14609

Keywords:

Polite, Storytelling Method, Story of Friends Umar bin Khattab RA

Abstract

Karakter sopan santun sangat penting untuk ditanamkan kepada anak, namun saat ini sikap sopan santun pada anak-anak semakin berkurang karena kurangnya contoh yang baik dari orang tua, lingkungan bermain, serta tontonan dari televisi. Metode bercerita salah satunya ceri- ta Umar Bin Khatab bisa dilakukan sebagai upaya menanamkan sikap sopan santun kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan scenario dan implementasi, respon guru dan anak, serta kendala yang dihadapi guru dan anak ketika mengaplikasikan metode cerita Umar Bin Khatab RA terhadap karakter sopan santun anak usia dini. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penlitian 10 anak dan guru disalah satu PAUD kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa metode bercerita dengan menggunakan cerita Umar Bin Khatab RA mampu menjadikan karakter sopan santun anak usia dini menjadi berkembang selama enam kali pertemuan. Anak terlihat termotivasi dengan cerita-cerita Umar Bin khatab. Adapun kendala yang dihadapi yaitu anak mudah hilang konsentrasi ketika cerita yang diberikan lebih dari 10 menit. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan metode cerita Umar Bin Khatab RA dapat menumbuhkan sikap sopan santun pada anak usia dini.

The character of good manners is very important to be instilled in children, but nowadays the attitude toward politeness in children is decreasing due to the lack of good examples from parents, the playing environment, and television viewing. One method of telling stories is Umar Bin Khatab's story, which can be done as an effort to instill politeness in children. This study aims to describe the scenario and implementation, the responses of teachers and children, as well as the obstacles faced by teachers and children when applying the Umar Bin Khatab RA story method to the character of early childhood manners. This study uses a qualitative descriptive method with the research subject of 10 children and teachers in one of the PAUD in Ban- dung. Collecting data using observation instruments, interviews, and documentation. Data analysis through data reduction, data display, and verification or conclusion. This study shows that the storytelling method using Umar Bin Khatab RA's story can make the character of early childhood politeness develop for six meetings. The children seemed motivated by Umar Bin Khatab's stories. The obstacle faced is that children easily lose concentration when the story is given more than 10 minutes. This shows that the application of the Umar Bin Khatab RA story method can foster an attitude of courtesy in early childhood.

References

Aisyah, S. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asmawati, L., Novita, D., Amini, M., & Pujiastuti, S. I. (2014) Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. In: Ruang Lingkup Pengelolaan Kegiatan di Lembaga PAUD. Universitas Terbuka, Jakarta

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Isjoni. (2009). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta

Mansur. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Jakarta: Pustaka Pelajar Masitoh, M., Setiasih, O., & Djohaeni, H. (2008). Pendekatan Pembelajaran Aktif Di Taman KanakKanak. Dapertemen Pendidikan Nasional, Dorektorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Peningkatan Tenaga Kependidikan.

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks. Suyadi & Ulfah. (2013). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Sukmadinata, S. N.(2011) Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-03-11