Boneka Tangan dalam Meningkatkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini

Penulis

  • Irnawati Irnawati Kober Tunas Mahardika, Pesona Margaasih Kabupaten Bandung
  • Lenny Nuraeni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Kata Kunci:

Hand Puppets, Receptive Language, Early Childhood

Abstrak

Penelitian ini di dasari oleh kemampuan bahasa reseptif pada anak di kelompok B di Kober Tunas Mahardika yang belum berkembang sesuai harapan. Anak belum bisa atau belum mampu dalam menyimak sebuah cerita. Dengan begitu, penggunaan media boneka tangan sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak kelompok B di Kober Tunas Mahardika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui media penggunaan boneka tangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriftif kualitatif dengan observasi secara langsung. Penelitian ini dilakukan selama 6 kali pertemuan, dengan jumlah anak sebanyak 7 orang anak yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Analisis data melalui reduksi data, display data, kemudian menarik kesimpulan. Pada pertemuan awal terlihat bahwasannya anak belum berkembang, beda halnya ketika setelah dilakukan pertemuan sebanyak 6 kali pertemuan anak mulai berkembang sesuai harapan dengan indikator anak bisa menyimak dengan baik.

Referensi

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi bahasa anak usia dini 5-6 tahun melalui metode bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Jaya, M. P. S. (2019). Pengaruh media boneka tangan untuk mengembangkan kemampu-an berbicara anak kelompok B di TK ABA 3 kota prabumulih tahun ajaran 2018/2019. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 168-175. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3114

Nurhanani, Z., Wiyono, B. B., & Nurchasanah, N. (2020). Analisis penggunaan media puppet show untuk peningkatan kemampuan menyimak dan bercerita siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 1020-1031. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13812

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. 10.31004/obsesi.v4i1.204

Nuryanti, T., Windarsih, C. A., & Alam, S. K. (2022). Mengembangkan kemampuan ba-hasa dengan bercerita menggunakan boneka tangan dalam pembelajaran daring pada anak kelompok b. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(1), 19-27. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Risnawati, A., & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa Sunda anak usia dini melalui kegiatan Rebo Nyunda di pendidikan anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 243-250. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p243-250

Rukajat, A. (2018). Upaya guru meningkatkan daya simak anak melalui metode bercerita dengan media boneka tangan. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01). 102-122. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1342

Sari, G. G. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Media Boneka Tangan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. 1-8 http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/256

Sari, N., & Arbi, A. (2021). Pengaruh metode bercerita menggunakan boneka tangan ter-hadap perkembangan bahasa anak TK-IT ibu harapan bengkalis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11388

Tika, D. D. (2021). Permainan bahasa untuk stimulasi kemampuan bahasa reseptif anak usia dini. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1-7. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.15355

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-01