EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Nena Dayu Kober Mutiara Insani, Cimahi
  • Andrisyah Andrisyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p323-332

Keywords:

Cognitive development, TGT (Team Game Tournament).

Abstract

Increased ability in cognitive aspects in early childhood is a part that is not as important as other developments. because with knowledge someone will know everything. without knowledge a life will have no meaning. in cognitive development there are several things including the introduction of objects, functions, groupings, and concepts. of course in this study researchers will discuss the cognitive development of children for ages 5-6 years. From the experience that has been felt it turns out that the Learning Strategy using TGT (Team Geam Tournament) has succeeded in arousing children's enthusiasm in knowing, memorizing, practicing knowledge, with the Learning of TGT (Team Geam Tournament), it is proven that the classroom atmosphere becomes more enjoyable. This can make a child's cognitive development better and more optimal because it is done in a fun way. The method used in this study is a quasi Experiment, the results show, cognitive ability can be improved through the learning model TGT (Team Game Tournament) in children aged 5-6 years. from the data obtained on the results of the N Gain value of the average experimental class value of 86.99 and 52.79 control class where the average value at the beginning of the material (pretest) each class of 23.36 and at the end of learning ( postes) the average value of the experimental class is 34 and the control class is 29.64.

Peningkatan kemampuan dalam aspek kognitif pada anak usia dini merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dengan perkembangan yang lain. karena dengan pengetahuan seseorang akan mengenal segala hal. tanpa pengetahuan sebuah kehidupan tidak akan ada artinya. dalam perkembangan kognitif didalamnya ada beberapa hal diantaranya adalah mengenai pengenalan benda, fungsi, pengelompokan, serta konsep-konsep. tentunya dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai perkembangan kognitif anak untuk usia 5-6 tahun. Dari pengalaman yang telah dirasakan ternyata Strategi Pembelajaran dengan menggunakan TGT(Team Geam Tournament) telah berhasil membangkitkan semangat anak dalam mengenal, menghafal, mempraktekan suatu pengetahuan, dengan Pembelajaran TGT(Team Geam Tournament) ini terbukti suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Hal tersebut bisa menjadikan perkembangan kognitif anak menjadi lebih baik dan lebih optimal karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi Eksperimen, hasil penelitian menunjukan, kemampuan kognitif dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran  TGT (Team Game Tournament) pada anak usia 5-6 tahun. dari data yang diperoleh pada hasil nilai N Gain yaitu rata-rata nilai kelas ekperimen 86,99 dan kelas kontrol 52,79 dimana nilai rata-rata pada awal pemberian materi (pretes) masing-masing kelas sebesar 23,36 dan pada akhir pembelajaran ( postes) nilai rata-rata  kelas eksperimen menjadi 34  dan kelas control 29,64.

References

Isjoni. (1999). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: ALFABETA

Asmani, J.M. (2016) . Tips Efektif Cooperatif Learning. Yogyakarta: DIVA Press

Seniati L, dkk. 2009.Psikologi Eksperimen.Jakarta : Indeks

Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. In PT Remaja Rosadakarya.

Yudiasmini, N. komang evi, Agung, A. G., & Ujianti, P. rahayu. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-29