MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK B

Authors

  • Puput Oktavia Ruslan IKIP SILIWANGI
  • Tati Hayati IKIP SILIWANGI
  • Lenny Nuraeni IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p339-346

Keywords:

Counting, Snake and Ledder Game, Early Childhood

Abstract

The research was distributed by still lack of ability in arithmetic, children are still not familiar with the summation, grouping of numbers, pair number with symbol number, as well as counting the images correctly, it's all because the teacher is still teaching using the student worksheet and the Board, so that the teachers be creative and innovative. This study aims to improve the ability to count using snake ladder media in group B in one of Raudhatul Athfal in Bandung.This research is research conducted in class action twice cycle research. The subject of the study amounted to 13 people, 7 men and 6 women. The results showed that there is an increased ability of learning counting children in cycle II. Thus it can be concluded that there is an increase in arithmetic using media ladder snake game in Group B.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya kemampuan anak dalam berhitung, anak masih belum memahami dengan konsep penjumlahan, pengelompokkan angka, memasangkan jumlah benda dengan lambang bilangannya, serta menghitung gambar secara benar, ini semua disebabkan karena guru masih mengajar menggunakan lembar kerja siswa (LKS) dan papan tulis, sehingga guru menjadi tidak kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media permainan ular tangga pada kelompok B di salah satu Raudhatul Athfal di Kota Bandung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus penelitian. Subjek penelitian berjumlah 13 orang, 7 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan belajar berhitung anak pada siklus ke II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media permainan ular tangga pada kelompok B.

References

Badrujaman, A., & Hidayat, D. R. (2010). Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: Trans Info Media.

Firdaus, N. M., & Ansori. (2019). Optimizing Management of Early Childhood Education in Community Empowerment. Journal of Nonformal Education. 5 (1), pp. 89- 98.

MENDIKNAS. (2010). Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

PERMENDIKBUD 137 tahun 2014 Tentang standar Nasional PAUD.

Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3, 4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13–30.

Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-29