MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Melinda Atika Natasya IKIP Siliwangi Bandung, Jalan Terusan Jendral Sudirman Cimahi
  • Ayu Rissa Atika IKIP Siliwangi Bandung, Jalan Terusan Jendral Sudirman Cimahi

Abstract

This study aims to determine the increase in creative thinking skills in early childhood through computer-based learning media for group B children aged 5-6 years. Creative thinking is the ability to see various possible solutions to a problem. In research, the method used is descriptive qualitative, data collection techniques are carried out by observation, interviews, and documentation. The subjects in the study consisted of the principal, teachers, and KB students of Raudhatul Hikmah group B aged 5-6 years, totaling 15 children, consisting of 4 boys and 6 girls. Improvement research data on the creative thinking aspects of children will be analyzed using an interactive analysis model, namely using data collection, data reduction, data presentation, and the final results will be described clearly and validly. From the results obtained during the study, it shows that computer-based learning media can help in developing creative thinking skills in early childhood, this can be seen from the development of children who always show positive changes in every stimulation given through computer-based learning media. So it can be concluded that computer-based learning media can stimulate early childhood in creative thinking and computer-based learning media provide interesting and innovative learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada anak usia dini melalui media pembelajaran berbasis komputer pada anak kelompok B usia 5-6 tahun. Berpikir kreatif adalah suatu kemampuan dalam melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaiaan dari suatu masalah. Dalam penelitian, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumetasi. Subjek dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan anak  didik KB Raudhatul Hikmah kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 4 anak laki -laki dan 6 anak perempuan. Data penelitian peningkatan pada aspek berpikir kreatif anak akan dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif, yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta hasil akhir akan dideskriptifkan dengan jelas dan valid. Dari hasil yang didapatkan selama penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis komputer mampu membantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini, hal ini dilihat dari perkembangan anak yang selalu menunjukan perubahan positif disetiap stimulasi yang diberikan melalui media pembelajaran berbasis komputer. Sehingga dapat disimpukan bahwasannya media pembelajaran berbasis komputer mampu menstimulasi anak usia dini dalam berpikir kreatif dan media pembelajaran berbasis komputer memberikan pembelajaran yang manarik dan berinovasi.

References

Asmawati, L. A. L. (2014). Peningkatan Kreativitas Menggambar Melalui Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jurnal Teknodik, 547-561.

Jalinus, N. (2016). Ambiyar, Media Pembelajaran dan Sumber Belajar, Jakarta: Kencana.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Muri. Y (2014). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana

Pratiwi, H. R., & Ismaniati, C. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 130-139.

Priyanto, D. (2009). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 92-110.

Siswono, T. Y. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 1-9.

Supardi, (2012) Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika.

Takahopekang, C. R, Danjie, F. E. K, & Nafiqoh, H. (2020). Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Pasir Ajaib. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 181-189.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, Bab 1, Pasal 1, Butir 14, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yafie, E., Iriyanto, T., Gonadi, L., & Wahyuni, S. (2018). WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA EDUCATION BERBASISPPT ANAK USIA DINI UNTUK GURU SE-

Downloads

Published

2020-12-24