POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Rimawati Rimawati IKIP Siliwangi
  • Heni Nafiqoh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Jl Jenderal Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Keywords:

Parenting, Early Childhood, Independent

Abstract

Character in early childhood should be instilled from an early age. So the process of cultivating character in children is carried out by the collaboration between the school and parents through the application of appropriate and good parenting styles for children. Parenting is an action or method taken in caring for, looking after, and educating children. Understanding and recognizing child development is very important in order to maintain the development and growth of children so that they can grow and develop properly. The importance of cultivating independent character is carried out from an early age because of the tendency among parents today to provide excessive protection for their children. The purpose of this study was to determine the types of parenting styles that can be used in the formation of children's independence and to determine the appropriate types of parenting styles to increase children's independence. The method used is the method of literature study which is based on papers and research results that have been published. The data analysis technique used is the content analysis method. Based on the results of the analysis of research data on parenting styles in the formation of children's independent character, it is stated that children who get appropriate parenting tend to be easy in shaping the character of independence.

Karakter pada anak usia dini memang sudah seharusnya ditanamkan sejak dini. Maka untuk proses penanaman karakter pada anak dilakukan dengan adanya kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua melalui penerapan pola asuh yang tepat dan baik bagi anak. Pola asuh merupakan suatu tindakan atau cara yang dilakukan dalam merawat, menjaga dan mendidik anak. Memahami dan mengenal tumbuh kembang anak sangat penting dilakukan demi menjaga perkembangan dan pertumbuhan anak agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Pentingnya penanaman karakter mandiri dilakukan sejak dini karena adanya kecenderungan dikalangan orang tua zaman sekarang untuk memberikan proteksi secara berlebih terhadap anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis pola asuh yang dapat digunakan dalam pembentukan kemandirian anak dan mengetahui jenis pola asuh yang tepat dalam meningkatkan kemandirian anak. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur yang berdasarkan pada karya tulis dan hasil penelitian yang telah dipublikasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah metode analisis isi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter kemandirian anak menyatakan bahwa anak yang mendapat pola asuh yang sesuai akan cenderung mudah dalam pembentukan karakter kemandirian.

References

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Asmanita, M., Madjid, N., & Maspika, S. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. [Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 2019]

Fellasari, F., & Lestari. I. Y. (2016) . Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan kematangan emosi remaja. Jurnal Psikologi, Volume (12): 84-90.

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1-6.

Hidayah, B. N. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian anak Usia Dini di dukuh Branglor Mancasari Baki Sukoharjo. [Skripsi, IAIN Surakarta. 2017]

Jonathan, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kartika, A. D. A., Malik, L. R., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97-109.

Komsi, D., Hambali, I., & Ramli, M. (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 55-61.

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58-74.

Mirzaqon T, A. B. D. I. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Bk Unesa, 8(1).

Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Infantia, 4(2).

Santika, E.C.H. (2017). Golden Age Parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner

Simanjuntak, M. (2017) . Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap pembentukan karakter anak. Semnastafis unimed volume (1): 286-291

Sunarti, C., Uwie, W., & Sumitra, A. (2018) . Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Tk Almarhamah Cimahi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 47-57.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152-160.

Tsani, I. L., Herawati, N. I., & Istianti, T. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).

Wartini, S., & Riyanti, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 21-27.

Wulandari, I. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Perwanida Kadipaten Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. [Skripsi, IAIN Salatiga. 2019]

Downloads

Published

2021-12-05