Analisis media pop up-book dalam keterampilan membaca permulaan di SD Islam Sidoarjo

Authors

  • Fitria Amilatus Solihah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ermawati Zulikhatin Nuroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.12528

Keywords:

Keterampilan Membaca, Media Pop Up Book, Membaca Permulaan

Abstract

Keterampilan membaca menjadi dasar utama dalam belajar. Didalam penelitian ini pengambilan sampel dengan teknik non probability yang berjumlah 20 siswa sesuai dengan data yang diambil oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes pre tes dan post tes. Penelitian ini menggunakan jenis desain One Grup Pre-test-posttest Design. Penelitian ini menggunakan pengolahan data kuantitatif. Populasi yang dijadikan objek pada penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas I SD Nurul Hikam. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus N-Gain menunjukkan bahwa hasil rata-rata dari Pre-test adalah 72 dan hasil rata-rata nilai post-test adalah 87. Siswa kelas I di SD Nurul Hikam termasuk kriteria tertinggi yaitu 0,87 dalam keterampilan membaca. Berdasarkan olah data dari Uji Eta Squared mendapatkan 0,847 pada pre tes dan pos tes 0,957. Hasil dari uji paired sample pre test sig. (2-tailed) di penelitian yaitu 0,000 maka pengambilan keputusan sesuai dengan uji t-test apabila nilai sig.(2 -tailed) di bawah 0,05 maka adanya kenaikan atau pengaruh yang sangat bermakna terhadap variabel penelitian. Dapat disimpulkan penggunaan Media Pop Up Book  terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik di SD Islam Nurul Hikam sangat berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan.

Author Biography

Ermawati Zulikhatin Nuroh, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

Elementary Teachers Education, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Basuki, I. A. B. (2018). Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas iv sd berdasarkan tes internasional dan tes lokal. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 39(2)

Djijar, Canggih Devi.(2019) Efektivitas Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Brawijaya Smart School. Malang: Skripsi.

Dr Nur'azyzah, 2020. “Pengaruh Media Game Edukasi terhadap minat membaca peserta didikâ€. repository.iain-tulungagung.ac.id

Dzuanda. (2018). “Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh

E Rahmah (2016). “ Model pop up book keluarga untuk mempercepat kemampuan membaca anak kelas rendah sekolah dasar

E Risdianto, 2019. “Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0â€. Bengkulu: Universitas Bengkulu. researchgate.net

EN Mualimah, U Usmaedi, 2018. “Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap

Rumidjan, R., Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62-68.

Wathoni, L. M. (2017). Hubungan Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Gugus I Kecamatan Cakranegara Tahun 2016/2107 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Wayang Berseri, Seri â€Gatotkacaâ€. Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, diakses pada 5 Mei 2017).

Widiyanto, D. (2018). Penanaman Nilai Toleransi dan Keragaman Melalui Strategi Pembelajaran Tematik Storybook pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 28-36.

Wiratna Sujarweni. (2019). Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Downloads

Additional Files

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles