Upaya guru dalam penguatan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi covid-19 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Sulistiani Ianatus Sholikha Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ermawati Zulikhatin Nuroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.12795

Keywords:

Upaya guru, Disiplin, Sopan santun.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penting seorang pendidik berupaya untuk penguatan pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi Covid-19 pada peserta didik pada saat usia dini dengan menerapkan nilai-nilai yang terkadung dalam pendidikan karakter sehingga nantinya akan menjadikan peserta didik berjiwa karakter sejalan dengan memberikan aturan-aturan atau sanksi jika ada yang melakukan pelanggaran terhadap suatu aturan yang telah diterapkan dengan itu peserta didik akan mendapatkan efek jera untuk tidak mengulangi kembali yang akan nantinya akan menjadikan peserta didik patuh terhadap suatu peraturan dan akan membentuk karakter siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam penguatan pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi Covid-19 pada peserta didik di sekolah SD Negeri Kalisampurno 1 Tanggulangin. Upaya guru bisa dikatakan baik dalam penguatan karakter didiplin dan sopan santun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode study kasus pendekatan deskriptif . Dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam penguatan karakter disiplin dan sopan santun pasca Covid-19 pada kelas V di SDN Kalisampurno 1 Tanggulangin Sidoarjo terlaksana dengan baik

Author Biographies

Sulistiani Ianatus Sholikha, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Ermawati Zulikhatin Nuroh, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579

Baskoro, W. (2017). Peran Organisasi (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Papua Semarang) Kota Semarang dalam Meningkatkan Kepemimpinan Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 902. http://repository.pip-semarang.ac.id/1053/5/15. BAB II TEGUH AJI.PDF

Diah Ayu Pramesti, Abdul Kadir, Devi MarganingTyas, F. A. (2019). Teacher Efforts To Improve the Attitude of. 362–371.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899

Ginting, B., Sinaga, A., Sosial, I. K., Utara, U. S., & Santun, S. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora Menanamkan Karater Sopan Santun Mulai Dini Kepada Anak- Anak Oleh Mahasiswa PKL FISIP USU. 1(2), 276–282. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i2.571

Khotimah, Husnul. Mas Roro, D. W. L. (2017). Pengaruh pembelajaran afektif terhadap sikap hormat siswa kepada guru. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 113–119. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2505

Listari, U. (2019). Peranan Guru PPKn Dalam Menerapkan Disiplin Siswa Kelas X SMA. Jurnal.Untan.Ac.Id. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35777

Masyarakat, C., & Lombok, A. (2021). Ju r n a l.

Nurani, N. I., Uswatun, D. A., Maula, L. H., & Sukabumi, U. M. (2020). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19. 6(1).

Nurziahman, M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Keagamaan dan Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMKN …. November. http://etheses.iainponorogo.ac.id/16402/1/210317115_MASNITA_NURZIAHMAN_PAI.pdf

Octavia, E., & Sumanto, I. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 20–30. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/20-30

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.

Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Dewi, D. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. 3(6), 4987–4994.

Rahmadi, D. (2017). Penanaman karakter sopan santun oleh guru PKn di SMA Negeri Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Pendidikan Kewarganegaraan, 1, 181–190.

Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682

Xi, K., & Sungai, S. (2022). Peran guru ppkn dalam mengembangkan sikap disiplin pada proses pembelajaran siswa kelas xi sman 1 sungai geringging. 3, 37–46.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles