Upaya guru dalam penguatan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi covid-19 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.12795Keywords:
Upaya guru, Disiplin, Sopan santun.Abstract
References
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579
Baskoro, W. (2017). Peran Organisasi (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Papua Semarang) Kota Semarang dalam Meningkatkan Kepemimpinan Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 902. http://repository.pip-semarang.ac.id/1053/5/15. BAB II TEGUH AJI.PDF
Diah Ayu Pramesti, Abdul Kadir, Devi MarganingTyas, F. A. (2019). Teacher Efforts To Improve the Attitude of. 362–371.
Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899
Ginting, B., Sinaga, A., Sosial, I. K., Utara, U. S., & Santun, S. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora Menanamkan Karater Sopan Santun Mulai Dini Kepada Anak- Anak Oleh Mahasiswa PKL FISIP USU. 1(2), 276–282. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i2.571
Khotimah, Husnul. Mas Roro, D. W. L. (2017). Pengaruh pembelajaran afektif terhadap sikap hormat siswa kepada guru. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 113–119. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/2505
Listari, U. (2019). Peranan Guru PPKn Dalam Menerapkan Disiplin Siswa Kelas X SMA. Jurnal.Untan.Ac.Id. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35777
Masyarakat, C., & Lombok, A. (2021). Ju r n a l.
Nurani, N. I., Uswatun, D. A., Maula, L. H., & Sukabumi, U. M. (2020). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19. 6(1).
Nurziahman, M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Keagamaan dan Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMKN …. November. http://etheses.iainponorogo.ac.id/16402/1/210317115_MASNITA_NURZIAHMAN_PAI.pdf
Octavia, E., & Sumanto, I. (2018). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 20–30. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/20-30
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.
Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Dewi, D. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. 3(6), 4987–4994.
Rahmadi, D. (2017). Penanaman karakter sopan santun oleh guru PKn di SMA Negeri Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Pendidikan Kewarganegaraan, 1, 181–190.
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Xi, K., & Sungai, S. (2022). Peran guru ppkn dalam mengembangkan sikap disiplin pada proses pembelajaran siswa kelas xi sman 1 sungai geringging. 3, 37–46.