Pengaruh media wordwall sebagai instrumen penilaian PPKn SD terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas guru dalam mengajar

Authors

  • Naila Kurnia Restu UPI Kampus Cibiru, Indonesia
  • Ai Sutini UPI Kampus Cibiru, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi UPI Kampus Cibiru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.15502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan media wordwall sebagai instrumen penilaian terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas mengajar guru SD pada pembelajaran PPKN. Kemampuan literasi digital dan kreatifitas mengajar sangat penting dimiliki oleh seorang guru SD, hal ini dikarenakan dapat membuat seorang guru mampu untuk berpikir kreatif, kritis, memecahkan masalah, inovatif, kolaborasi, dan berkomunikasi dengan lancar dengan orang banyak. Serta dapat menimbulkan untuk merespon, mewujudkan ide, menanggapi, dan menghasilkan berbagai permasalahan dalam bidang pendidikan yang timbul serta adanya guru yang kreatif dapat membuat peserta didik lebih kreatif. Melalui media wordwall, guru dapat mengembangkan kemampuan literasi digital dan kreatifitas mengajar guru SD pada pembelajaran daring sebanyak 66,7% dengan kategori baik. Wordwall sebagai media pembelajaran daring karena mengandung unsur variatif, kreatif, mudah, praktis, berbobot, menyenangkan, dan dapat bermakna sebagai game edukatif. Sehingga pembelajaran PPKN dapat menjadi lebih menarik dan variatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media wordwall sebagai instrumen penilaian terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas mengajar guru SD pada pembelajaran PPKN.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles