Pengembangan instrumen tes computational thinking Siswa Sekolah Dasar melalui analisis RASCH model

Authors

  • Lilis Inasari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Adi Prehanto Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16188

Keywords:

Computational Thinking, Rash Model

Abstract

Computational Thinking (CT) dapat dikembangkan dalam mata pelajaran matematika, melalui bebras siswa dapat menyelesaikan persoalan tentang berfikir komputasional dalam bentuk soal menarik yang terdapat konsep matematika dan informasi tersembunyi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis Pengembangan Instrumen Tes Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar Melalui Analisis Rasch Model. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pendekatan  Kuantitatif dengan metode DBR (Design-Based Research). Penelitian dilakukan di SDN 1 Sindangkasih. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 Sindangkasih sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan data melalui Rasch Model. Hasil dari analisis Rasch Model  menunjukkan bahwa tiap item soal dalam instrumen penilaian Computational Thinking telah bagus menurut tingkat kesukarannya namun terlalu sulit bagi siswa, tetapi masih bisa di terima oleh siswa; dan setiap item soal dalam instrumen tidak mengalami bias gender. Tingkat reliabilitas item dan reliabilitas person dalam instrumen penilaian computational thinking berada dalam kategori baik dan lemah..

References

Aho, A. V. (2012). Computation and computational thinking. Computer Journal, 55(7), 833–835. https://doi.org/10.1093/comjnl/bxs074

Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017

Asshagab, ningsih, M, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Hukum Newton Siswa. Repository.Upi.Edu, 13–47.

Bambang, S. (2014). Model Rasch untuk Penelitian Sosial Kualitatif. November.

Bambang, S. & Wahyu, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata. Cimahi. ISBN 978-602-71472-9-4

Bebras International. (2018). Tantangan Bebras Indonesia-2018 Tingkat SD (Siaga). http://bebras.or.id

Computational Thinking Dalam Kurikulum Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. (2021).

Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. Penerbit A-Empat.

Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif &

Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Pramesti, A. N. (2019). Mendikbud Paparkan ‘Kepemimpinan 2. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://tendik.kemdikbud.go.id/berita/detail/134-mendikbud-paparkan-kepemimpinan-20-pada-sistem-pendidikan-di-simposium-internasional-kepala-sekolah-dan-pengawas-sekolah-tahun-2019

Qualls, J. A., & Sherrell, L. B. (2010). Why Compuational Thinking Should Be Integrated Into The Curriculum. The Journal of Computing Sciences in Colleges, 25, 66–71.

Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal SOLMA, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3352

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zhang, L. C., & Nouri, J. (2019). A systematic review of learning computational thinking through Scratch in K-9. Computers and Education, 141, 103607. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103607

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles