Pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA

Authors

  • Nyimas Amelia Andri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Acep Ruswan Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia
  • Indah Nurmahanani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16481

Keywords:

Media Pembelajaran interaktif, Power Point Interaktif, Motivasi Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran di Sekolah Dasar. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Pucung III. Metode penelitian yang digunakan Pre-eksperimental design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pucung III yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa yang sebelumnya sudah diuji kelayakannya melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan motivasi belajar yang ditunjukkan pada nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh dari data pretest-posttest adalah sebesar 0,605 dan berada pada kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) untuk angket yaitu 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap motivasi belajar setelah diberi perlakuan (treatment).

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran interaktif, Power Point Interaktif, Motivasi Belajar

 

ABSTRACT

This research is motivated by the lack of student motivation towards subjects in elementary schools. The main objective of this study was to determine the effect of using Interactive PowerPoint learning media on the learning motivation of elementary school students in learning science in class IV SDN Pucung III. The research method used was Pre-experimental design with the type One Group Pretest-Posttest. The subjects in this study were fourth grade students at SDN Pucung III, totaling 40 students, consisting of 20 male students and 20 female students. The data collection technique uses a questionnaire on student learning motivation which has previously been tested for its feasibility through validity and reliability tests. Data analysis techniques used are descriptive statistics and inferential statistics. Based on the results of the research, it shows that the increase in learning motivation is shown in the average N-Gain value obtained from the pretest-posttest data which is 0.605 and is in the medium category. Hypothesis testing using the Paired Sample t-test obtained a sig value. (2-tailed) for the questionnaire, namely 0.000 < 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted. The results of the study showed that there was an effect of using Interactive PowerPoint learning media on learning motivation after being given treatment.

 

Keywords: Interactive Learning Media, Interactive Power Point, Learning Motivation

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles