Penguatan profil pelajar pancasila melalui pembiasaan Asmaul Husna dalam menumbuhkan sikap religius di SDN Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Ratih Wulan

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18356

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kegiatan atau pembiasaan yang dilakukan di SD N Sawah Besar 01 Semarang adalah pembacaan Asmaul Husna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembiasaan Asmaul Husna dalam menumbuhkan sikap religious siswa SDN Sawah Besar 01 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subyek penelitian ini adalah siswa kelas kepala sekolah, guru kelas I sampai VI, dan peserta didik kelas I – VI di SDN Sawah Besar 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan nontes, metode pengumpulana data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi Data, 3) Display Data, dan 4) Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilaksanakan adalah menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah Pembiasaan asmaul husna mampu meningkatkan sikap religius peserta didik di SDN Sawah Besar 01 Semarang, siswa menjadi lebih bertaqwa kepada Allah SWT, mengingat dan mengenal-Nya lebih baik, terbiasa berdzikir, rajin solad, serta lebih disiplin dan teratur dalam waktu. Mereka yang dzikir hatinya akan lebih tenang, membaca Asmaul Husna juga dapat membangun etika dan kecerdasan spiritual yang berpengaruh pada semangat belajar siswa.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Sikap Religius, Pembiasaan  

 

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles