Penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tema 6 energi dan perubahannya Siswa Kelas III SDN Bendungan Semarang

Authors

  • Dani Rasyid Khoirunniam'W UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18397

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kognitif siswa kelas III A SDN Bendungan pada tema 6 yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui model PBL pada pembelajaran tema 6 energi dan perubahannya kelas III A SDN Bendungan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklusnya tiga pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas III A SDN Bendungan dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Adapun objek yang diteliti adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 71,25 dengan presentase ketuntasan 62,50%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yaitu 78,75 dengan presentase ketuntasan 70,83%. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar yaitu 92,91 dengan presentase ketuntasan 95,83%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 6 energi dan perubahannya kelas III A SDN Bendungan.

Kata Kunci: PTK, PBL, Hasil belajar.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles