Peningkatan hasil belajar materi menggali informasi kelas III SDN Babarsari menggunakan model problem based learning

Authors

  • Sinta Dwi Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18429

Keywords:

menggali informasi, hasil belajar, problem based learning

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SDN Babarsari materi menggali informasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi latar belakang dari penelitian ini. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN Babarsari. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III SDN Babarsari menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Babarsari dengan jumlah 28 peserta didik. Desain PTK penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Targgart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Análisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari pra siklus sebesar 66.04 meningkat pada siklus I menjadi 75.96 dan pada siklus II meningkat menjadi 87.03. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN Babarsari pada materi menggali informasi mata pelajaran Bahasa Indonesia.

References

Aslan, A. (2021). Problem-based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237.

Artini, N. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Bermediakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 91-100.

Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227-237.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10-22.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165-170.

Putri, A. A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21-23.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335-346.

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z's critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88.

Setiyowati, R., Kurniawan, M. W., & Widodo, R. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn.

Supriadi, H. (2016). Peranan pendidikan dalam pengembangan diri terhadap tantangan era globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92-119.

Sukama, I. N. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 63-70.

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174-182.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles