Peningkatan hasil belajar materi puisi anak menggunakan problem based learning kelas IIB SDN Babarsari

Authors

  • Devi Nurul Mahmudah UNIVERSITAS SANATA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18451

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IIB SDN Babarsari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Puisi Anak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IIB SDN Babarsari yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Setiap siklusnya terdapat satu kali kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Tertulis untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IIB. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 62. Selanjutnya, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 74. Kemudian, pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 80. Dari pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 12. Sedangkan dari siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 6. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini mampu memperbaiki hasil belajar peserta didik kelas IIB SDN Babarsari.

References

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., & Prihantini, A. H. H. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Cahyani, A., Listiana, I.D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Huda, M. N., Mulyono, M., Rosyida, I., & Wardono, W. (2019, February). Kemandirian belajar berbantuan mobile learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 798-806).

Karwati, Euis & Donni Juni Priansa. 2018. Managemenn Kelas. Bandung: Alafabeta

Kholik, E. N. (2021, September). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 1299-1307)

Nurmalawati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 1(3), 353-357.

Nurrohmah, U. D., RUSMAWAN, R., & SUYATINI, M. M. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan TPACK Kelas IV SDN Kentungan. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 290-296. Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ramdhani, M. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Komputer di SMPN 6 Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1). https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.453

RedaksiPM,2012,. Sastra Indonesia Paling Lengkap. Depok : Pustaka Makmur

Riyati, I., & Suparman, S. (2019). Design student worksheets based on problem-learning to enhance mathematical communication. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 9(2), 9-17.

SAN DIANA, A. E., DEWI, R. P., & PRAKOSO, J. (2022). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN BABARSARI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 332-340.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, 32- 36.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wahyuningsih, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles