Analisis media pembelajaran youtube terhadap keaktifan siswa dan minat belajar PKN di SD Negeri Jurugentong

Authors

  • Shabrina Wijaya Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.19494

Abstract

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang luas, YouTube telah menjadi platform populer untuk berbagai jenis konten, termasuk video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana YouTube dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pengalaman belajar dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang persepsi guru dan siswa mengenai penggunaan YouTube sebagai alat bantu mengajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas V(A), observasi di kelas selama pembelajaran dengan bantuan YouTube, serta penyebaran kuesioner kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selama pembelajaran berbasis YouTube, seluruh 28 siswa di kelas V(A) teramati aktif fokus pada konten video. Sifat interaktif YouTube memfasilitasi sesi tanya jawab yang efektif, mendorong partisipasi siswa dalam diskusi. Selain itu, integrasi YouTube dalam pembelajaran PKN meningkatkan minat belajar siswa. Dalam kuesioner, sebagian besar siswa menunjukkan preferensi positif terhadap penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran, menunjukkan antusiasme dan semangat selama sesi pembelajaran berbasis video.

Kata Kunci: Teknologi, Media Pembelajaran, Youtube , Keaktifan dan Minat Belajar

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles