Penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) dengan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan Siswa kelas II

Authors

  • Ruri C. Hetiawati Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Agni Muftianti
  • Muhammad Rizal Fauzi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.19612

Abstract

Keterampilan menulis permulaan menjadi suatu keahlian mendasar yang esensial dalam proses belajar menulis pada tingkat yang lebih lanjut. Hal ini menjadi modal penting bagi siapa pun yang ingin mengoptimalkan perkembangan kemampuannya dalam menulis. Kurangnya semangat dan motivasi baik dari guru maupun siswa sering menjadi hambatan utama dalam proses pembelajaran menulis.  Dalam penelitian ini, digunakan metode campuran atau mix method. Penelitian ini dilakukan di kelas II dengan jumlah siswa 18 orang dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis permulaan siswa dari hasil pre-tes dan postes, dengan rata-rata 71.59% yang masuk dalam kategori tinggi. Kendala yang dihadapi siswa adalah kurangnya kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat, namun dapat diatasi dengan memberikan tanya jawab sebagai bentuk latihan yang mendorong kemampuan berpikir, ingatan, keberanian, keterampilan menjawab, dan ekspresi pendapat. Guru menghadapi kendala dalam penerapan metode struktural analitik sintetik dengan media kartu kata karena membutuhkan waktu dan kreativitas dalam pembuatannya. Namun, respon guru terhadap metode ini secara keseluruhan positif. Solusinya adalah membuat media pembelajaran kartu kata yang sederhana, cepat, dan dapat diakses melalui referensi online untuk mempermudah penggunaannya dalam pembelajaran menulis permulaan siswa kelas II.

Kata Kunci: Keterampilan menulis permulaan, Struktural Analitik Sintetik, Siswa kelas II.

References

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research (2nd ed.). Sage Publications.

Emgusnadi, E. (2018). METODE PEMBELAJARAN SAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI 021 SITORAJO KARI KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 659-665.

Karim, K. H. (2014). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 4(1), 1–6. http://ejournal.unkhair.ac.id/Index.Php/Pedagigk/Article/View/55

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Ningsih, Retno, R. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038

Septiany, P. R. (2020). Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida’iyah. Semnasbama IV UM JIlid 2, 2(1), 365–376. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/604%0Ahttp://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/viewFile/604/555

Silfiyah, A., Ghufron, S., Ibrahim, M., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu, 5(5), 3541–3550.

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Widyaningrum, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 181–190. https://doi.org/10.34125/kp.v6i2.614

Sugiyono. (2017). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D." Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles