Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Plaosan I menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Nimas Larasati Fransisca Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.19987

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 SD Negeri Plaosan 1 yang berjumlah 28 siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Plaosan I menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran. Dilihat dari perolehan data keaktifan pada pra siklus sampai siklus II, pada pra siklus dari 28 siswa terdapat 15 siswa berkriteria aktif dengan presentase 53.58% pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa sebanyak 20 siswa yang aktif dengan presentase 71,43%. kemudian pada siklus II menunjukkan hasil yang meningkat sebanyak 24 siswa yang aktif dengan presentase 85,72%. Meningkatnya keaktifan tersebut dikarenakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang membuat siswa lebih berantusias dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar mengalami peningkatan dari persentase ketuntasan klasikal dari 60% pada pra siklus meningkat menjadi 78% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 92% pada siklus II.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles