MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MEDIA MAJALAH ONLINE MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING START WITH A QUESTION DIKELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4323Keywords:
Kemampuan Membaca Pemahaman, Majalah Online, Learning Start With A QuestionAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ialah siswa kelas V SDN Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi sedangkan sampel yang terpilih sebanyak 28 siswa dengan teknik convenience. Hasil penelitian adalah membandingkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok A lebih baik dari pada kelompok B. Penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dan Media Majalah Online berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan membaca pemahaman.
Â
Â
Â
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga
Idris, M. d. (2008). Strategi dan Metode Pengajaran,. Yogyakarta: Ar-Ruz Media Grup.
Iskandar, N. (2015). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA NEGERI 11 PEKANBARU. Universitas Riau, 3.
Khasanah, A. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI QUESTION ANSWER RELATIONSHIPS (QAR) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. ejurnal.upi, 163.
Marlina, R. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. PEMBASHI, 55.
Marlina, R. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. PEMBAHSI, 56.
Ruli Setyadi, U. K. (2019). Literasi Digital Melalui Majalah Online Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. PRIMARYEDU.
Ruseffendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta. Bandung: Tarsito.
Samsudin, A., Kelana, J. B., & Muftianti, A. (2019). Utilization of Internet-Based Learning Media in Enhancing Science Literacy Capabilities of Pgsd Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 91. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1284
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subyantoro. (2011). Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subyantoro. (2011). Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Media.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.