ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHMAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DENGAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI METODE CONCENTRATED LANGUAGE ENCOUNTER (CLE)

Authors

  • Muhammad Rizal Fauzi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi - Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4851

Keywords:

Membaca Pemahaman, Menentukan Ide Pokok, Concentrated Language Encounter (CLE).

Abstract

Dasar utama dalam memahami sebuah bacaan adalah mampu menentukan sebuah ide/gagasan pada sebuah paragraf. Bagi siswa sekolah dasar, menentukan gagasan utama atau ide pokok paragraf pada sebuah bacaan merupakan hal yang cukup sukar dilakukan, perlu upaya analisis agar siswa dapat menentukan gagasan utama pada sebuah paragraf. Penelitian ini bertujuan mengelaborasi secara eksplisit landasan teori sekaligus penerapan secara praktis metode Concentrated Language Encounter (CLE) terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa dalam menentukan ide pokok paragraf bacaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan cara mengkomparasikan sekaligus mengkeritisi literatur hasil riset yang telah dilakukan dari tiga peneliti berbeda, sekaligus merelevansikannya dengan landasan teori reading comprehension (membac pemahaman). Hasil penelitian ini terelaborasinya kemampuan pemahaman membaca siswa dengan cara menentukan ide pokok paragraf melalui metode CLE yang meliputi: 1) Konsep membaca pemahaman; 2) karakter membaca pemahaman pada siswa SD kelas tinggi; 3) menentukan ide pokok paragraf sebagai parameter membaca pemahaman siswa; 4) sintak pembelajaran dngan metode CLE; 5) implikasi metode CLE terhadap pemahaman membaca siswa; 6) riset hasil implementasi metode CLE dalam pembelajaran bahasa.

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles