PEMBELAJARAN PECAHAN SENILAI MELALUI TEORI DIENES DI KELAS IV SDN 195 ISOLA KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.5596Keywords:
Pembelajaran pecahan senilai, Teori Belajar DienesAbstract
References
Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atiqoh, Siti. 2014. “Efektifitas Pembelajaran Berbasis Teori Belajar Zoltan Paul Dienes Terhadap Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Kelas VII SMPâ€. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kholik, Muhammad. 2011. Metode Pembelajaran Konvensional. Online Tersedia di https://muhammadkholik.wordpress.com/metode-pembelajaran konvensional.
Moyer, Patricia S. 2013. Effect of Virtual Manipulatives on Student Achievement and Mathematics Learning. International Journal of Virtual and Personal Learning Envioronments. 4(3), 35-50. USA.
Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sriraman, Bharath and English, Lyn D. (2005). On the teaching and learning of Dienes’ Principles. International Reviews in Mathematics Education (ZDM) 37(3):258-262.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. Sulipan. 2016. Penelitian Eksperimen. Online Tersedia di http://sekolah.8k.com/rich_text_4.html (diakses tanggal 31 Mei 2016).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wardani, Krisma Widi. 2012. “Efektifitas Penerapan Permainan Menggunakan Aturan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Semester I di SD Negeri Kawengen 02 Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012â€. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Tidak diterbitkan.
Wassahua, Sarfa. 2014. “Aplikasi Teori Dienes Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa Sekolah Dasarâ€. Skripsi. FITK IAIN Ambon. Tidak diterbitkan.
Widhiastrini, Florentina. “Kumpulan Tulisan Tentang Penelitian Eksperimenâ€. PGSD UNNES. Tidak diterbitkan.
Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yoni, Acep. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia