Kajian implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ghany Taufik Sidik IKIP Siliwangi, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-5350-4689
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi, Indonesia
  • Sukma Murni IKIP Siliwangi, Indonesia
  • Ryan Dwi Puspita IKIP Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.6068

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas IV jenjang sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan. Adapun Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Kemudian Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa daftar  klasifikasi bahan penelitian dan format catatan dari suatu penelitian. Hasil penelitian ini yakni model Problem Based Learning pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial jenjang kelas IV jenjang sekolah dasar mendapat respon positif dari guru dan siswa secara signifikan. Sehingga terbukti model Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan guru dan keaktifan siswa yang menimbulkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan.

Author Biographies

Ghany Taufik Sidik, IKIP Siliwangi, Indonesia

PGSD

Sukma Murni, IKIP Siliwangi, Indonesia

PGSD

Ryan Dwi Puspita, IKIP Siliwangi, Indonesia

PGSD

References

Amelia, R. (2018). The Application of Problem Based Learning (PBL) Approach for Elementary Schools Teachers. Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018), 247–251. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.54

Fauziah, D. N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 103–109. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.6550

Fauziyah, L., & Kartono. (2017). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 59–67.

Hardianti, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sungai Apit. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 83–90. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i1.6653

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Library Research of The Basic Theory and Practice of Expressive Writing Counseling. Jurnal BK UNESA, 8(1), 1–8.

Misnah, Kristiyadi, P. I., & Herlina. (2020). Improving Social Studies Learning Outcomes Using Problem Based Learning Model in Class IV SD Inpres 3 Lolu. Jurnal Dikdas, 8(1), 123–131.

Nisa, A. R., Asrowi, & Murwaningsih, T. (2020). The Effectiveness of Value Clarification Technique (VCT) and Problem-Based Learning (PBL) Models on Social Problem-Solving Skills Viewed from Emotional Intelligence. Elementary Education Online, 19(3), 1751–1767. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.734977

Pebriana, R., & Disman. (2017). Effect of Problem Based Learning to Critical Thinking Skills Elementary School Students in Social Studies. Journal of Elementary Educationducation, 1(1), 109–118. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.487

Permana, bayu A., Pamujo, & Badarudin. (2018). Peningkatan Sikap Bersahabat/Komunikatif dan Prestasi Belajar pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku menggunakan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Gambar Seri. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.30595/dinamika.v1 0i1.4047

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumarni, S. (2017). Problem Based Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 08 Marunggi Kota Pariaman. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.29210/12017266

Sumitro, A., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195.

Sundari, K., & Andriana, S. (2018). Upaya Meningkatkaan Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Artikulasi pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDIT An-Nadwah Bekasi. Pedagogik, VI(2), 109–116.

Sutikno, Muhari, & Subroto, W. T. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Masalah Sosial Siswa kelas IV SDN Cerme Gresik. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p14-19

Suwandi. (2017). Literasi Abu-Abu dalam Perpustakaan. Iqra: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 11(1), 135–147.

Wau, M. P. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 1 Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 1(7), 239–245. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles