KEMAMPUAN PEMAHAMAN PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR MELALUI METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT

Authors

  • Ratih Purwadewi PGSD IKIP Siliwangi
  • Siti Ruqoyyah PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.6520

Keywords:

Kemampuan Pemahaman, Metode inkuiri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri, perbedaan serta persamaan konsep pembelajaran kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri, serta mengetahui relevansi metode pembelajaran inkuiri. Rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi bangun datar dikarenakan metode yang digunakan guru masih menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru, penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas, kurangnya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan, dan siswa merasa malu untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Beberapa faktor di atas merupakan penyebab rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder atau studi literatur yang bersifat kepustakaan (library research). Data sekunder atau studi literatur berdasarkan dua skripsi dan satu jurnal yang dianalisis untuk mengetahui konsep, persamaan dan perbedaan, serta relevansi penggunaan metode inkuiri. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan: (1) Konsep kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri menunjukan hasil yang positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan pemahaman serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Terdapat perbedaan serta persamaan konsep kemampuan pemahaman dengan metode inkuiri yaitu persamaan dalam penggunaan metode serta memiliki perbedaan dalam jenis penelitian, materi yang dibahas, dan menggunakan media yang berbeda, (3) Relevansi hasil penelitian antara kedua skripsi dan satu jurnal menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar berbantuan media kertas lipat.

References

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hambali, J., Iskandar, & Rohmad, M. (1996). Materi Pokok Matematika Modul 1-9. Universitas Terbuka.

Harviansyah, D. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Bangun Datar Melalui Penggunaan Metode Inkuiri Dengan Media Kertas Lipat. IKIP Siliwangi.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurasiyah, N., Iim, I., & Ruqoyyah, S. (2018). Improving Mathematical Learning Outcomes in Simple Split Materials Through Concrete Objects. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 1(5), 231–242.

Pramuwati, L. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Menghitung Luas Segi Banyak Dengan Penggunaan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Wahana Kreatifitas Pendidik, 3(3).

Rabbani, S., Ruqoyyah, S., & Murni, S. (2019). Development of basic school mathematic teaching materials to improve the analysis ability of primary teacher education students on innovative learning models. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012011.

Roji, I. (1997). Belajar Matematika. Yayasan Nuansa Cendekia.

Ruseffendi, E. T. (1980). Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid Guru dan SPG seri 5. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharta, I. G. P. (2001). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Pengertian Siswa. Seminar Nasional PMRI. Pendekatan Realistik Dan Seni Dalam Pendidikan Matematika Indonesia, 14–15.

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Depdiknas.

Yusmianti, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Pada Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Model Inquiry. IKIP Siliwangi.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles