ANALISIS KETERSEDIAAN DAN GAMBARAN MEDIA PEMBELAJARAN ISU PERUBAHAN IKLIM BERBASIS ESD DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i5.7799Keywords:
Education for Sustainable Development, sekolah dasar, media pembelajaranAbstract
References
Aldrian, E., Karmini, M., & Budiman. (2011). Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia (D. Sucahyono & I. Budiani, ed.). Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara, Kedeputian Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hayudinna, ‪Hafizah G. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah Dasar. 8(2), 186–198.‬‬
Hoffmann, T. (2015). What is Education for Sustainable Development ( ESD )? 1–6.
KNIU. (2016). Education for Sustainable Development (ESD). Diambil dari kniu.kemdikbud.go.id website: https://kniu.kemdikbud.go.id/?page_id=248
Mochizuki, Y., & Bryan, A. (2015). Climate Change Education in the Context of Education for Sustainable Development: Rationale and Principles. Journal of Education for Sustainable Development, 9(1), 4–26. https://doi.org/10.1177/0973408215569109
Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu. Diambil dari http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Segara, N. B. (2015). Education for Sustainable Development (ESD) Sebuah Upaya Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. 2(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Taimur, S., & Sattar, H. (2019). Education for Sustainable Development and Critical Thinking Competency. (Januari), 1–11. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95870-5_64
Undang-Undang Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2009 Tentang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. , Pub. L. No. 31 (2009). Indonesia.
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives Table. Paris: UNESCO.
UNESCO. (2019). Education for Sustainable Development. Diambil 1 Januari 2021, dari en.unesco.org website: https://en.unesco.org/themes/education-sustainable-development/