UPAYA PENGELOLA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMPUTER WARGA BELAJAR PAKET C DALAM MENGHADAPI UJIAN DARING

Authors

  • Wahyu Wahyu IKIP SILIWANGI
  • Nandang Rukanda IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i1.10544

Keywords:

Pengelola, Keterampilan, Pelatihan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yyang menyebutkan bahwa  peserta didik Paket C PKBM Sumber Arum Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung yang dapat mengoprasikan komputer berada di angka 60%, sedangkan untuk melaksanakan ANBK peserta didik harus dapat mengoperasikan komputer secra penuh  atau harus sebanyak 100%. Teori yang digunakan didalam penelitian ini diantaranya Teori Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Teori pelatihan, teori keterampilan Komputer. Metode yang digunakan mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Lokasi penelitian di PKBM Sumber Arum, yang menjadi responden dalam penelitian ini satu orang pengelola, satu orang tutor dan lima orang warga belajar dari paket C di PKBM Sumber Arum yang dipilih secara random.

Hasil penelitian mengenai upaya pengelola dalam meningkatkan keterampilan komputer warga belajar paket C dalam menghadapi ujian daring yaitu dapat dikatakan bahwa pengelola sudah melakukan proses pelaksanaan keterampilan komputer dengan baik sehingga hasil yang diperoleh dari keterampilan komputer juga baik. Hal ini  dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan komputer peserta didik paket C PKBM Sumber Arum yang sudah siap untuk mengikuti ujian daring.

References

Irmawati, A. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 2 No. 1, Hal.81-98.

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan : Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Kapoh, W., Liando, D. M., & Waleleng, G. J. (2016). Kualitas Sumberdaya Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Di Kantor Kelurahan Pandu. Society Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, Vol 3 No. 20, Hal. 20-34.

Kebudayaan, P. A. (2021, November 03). Asesemen nasional. Diambil kembali dari anbk kemdikbud: anbk.kemdikbud.co.id

Maharani, L. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Jasa Konsultansi Konstruksi Di Pekanbaru. Jurnal Niara, Vol 11 No. 2, Hal. 125-134.

Muktiani, E. (2019). Pengaruh Intensif, Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor SAR Semarang. Jurnal Magisma, Vol 7 No. 1, Hal. 52-62.

Rahayu, R., & Widiastuti, N. (2018). Upaya Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang). Jurnal Comm Edu, Vol 1 No.2, Hal. 57-67.

Ramadhani, M., & Ardias, W. S. (2020). Efektivitas Pelatihan Manajemen Stres Dalam Penurunan Stres Kerja Pada Anggota Badan Search And Rescue Nasional (BASARNAS) Kota Padang. PSYCHE: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, Vol 2, No. 1, Hal. 28-39.

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UB Press.

Rizqia, H., & Soegoto, D. S. (2016). Pengaruh Pelatihan, Kemampuan dan Pengalaman Terhadap Kinerja Internal Auditor (Studi Kasus pada unit internal audit PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk). JIMM UNIKOM, Vol 2 No. 1, Hal. 43-62.

Siringoringo, L. (2022, Januari 21). Literasi Digital Masyarakat. Diambil kembali dari Kontan.co.id: https://nasional.kontan.co.id/news/hasil-survei-menunjukkan-indeks-literasi-digital-masyarakat-semakin-naik

Sudjana, D. (2010). Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung Asas. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Candung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatof, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Widiastuti, S., & Muktian, N. R. (2010). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola Melalui Kucing Tikus Pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia , Vol 7 No. 1, Hal. 47-59.

Widodo, H. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2 No.1, Hal. 85-93.

Downloads

Published

2022-03-22