PENINGKATAN KOMPETENSI PETERNAK DOMBA MELALUI PROGRAM PELATIHAN PENGOLAHAN PAKAN FERMENTASI (SILASE

Authors

  • Faris Rahmat Hidayat IKIP Siliwangi Bandung
  • Sri Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.11354

Abstract

Abstract

 

The background of the research is the results of the Inter-Census Agricultural Survey (2018) that the number of livestock households in Indonesia reaches 13.56 million households. The success of livestock development as a sub-sector that contributes to the improvement of the national economy will be largely determined by human resources, namely breeders as the main actors of livestock activities themselves. Increased competence has a very important role in improving the ability of farmers, especially in this study are sheep breeders. The purpose of this study was to determine the competency improvement of sheep breeders through a fermented feed processing training program (silage). The research method that the researcher used was descriptive qualitative research with data collection methods through interviews and observations. The sample of this study were five farmers who participated in the training, one training facilitator, and one community leader. The research site is in Cipada Village, Cikalong Wetan District, West Bandung Regency.

The results of this study are to provide a positive impact and benefit in the long term for farmers, namely increasing the knowledge, skills and independence of farmers in animal feed management and for the sustainability of sheep breeders so that farmers are able to survive in the times. The community becomes empowered by participating in Fermented animal feed processing training.

 

Keywords: Sheep Breeder Competence, fermented animal feed processing Training.

 

Abstrak

 

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil Survei Pertanian Antar Sensus (2018) Indonesia memiliki 13,56 juta peternakan rumah tangga. Keberhasilan pembangunan peternakan sebagi subsector yang berkontribusi dalam peningkatan perekonomian nasional akan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yaitu peternak sebagai pelaku utama dari kegiatan peternakan itu sendiri. Peningkatan kompetensi mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan peternak, khususnya dalam penelitian ini ialah peternak domba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi peternak domba melalui program pelatihan pengolahan pakan fermentasi (silase). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Sampel penelitian ini adalah lima orang peternak peserta pelatihan, satu orang fasilitator pelatihan, dan satu orang dari tokoh masyarakat. Tempat penelitian di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat.

Hasil dari penelitian ini adalah memberikan dampak positif dan kebermanfaatan dalam jangka panjang bagi peternak yaitu peningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemandirian peternak dalam pengelolaan pakan ternak dan bagi keberlanjutan peternak domba sehingga peternak mampu bertahan dalam perkembangan zaman. Masyarakat menjadi berdaya dengan mengikutii pelatihan pengolahan pakan ternak.

Kata Kunci: Kompetensi, Peternak domba, pelatihan pengolahan pakan

References

Anugrahwanto, R. B., & Nurhayati, S. (2020). Implementation of Experiential Learning Approach To the Training of Character Development of Civil Servants in Ministry of Transportation Environment. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 254–261

Anugrahwanto, R. B., & Nurhayati, S. (2020). Implementation of Experiential Learning Approach To the Training of Character Development of Civil Servants in Ministry of Transportation Environment. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 254–261.

Dharma, S. (2005). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Pelajar.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Lokal Desa. Jurnal Moderat, 6(1), 135–143.

Engking, H., Hasan, S., Direktur, M. P., Stkip, P., Bandung, S., Nurhayati, S., Pd, S., Pd, M., & Stkip, D. (2012). Pendidikan Luar Sekolah Dan Pembangunan Manusia Indonesia. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 1–12.

Haryana, K., Us, T., & Tafakur. (2018). Hubungan Kompetensi Mencari Sumber Belajar Dengan Prestastasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 12–25.

Hudri, M. I., & Nurhayati, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pelatihan. Jurnal Comm-Edu, 3(3), 238–244.

Jabar, R., & Nurhayati, S. (2021). The Effect of Drug Hazard Counselling in Improving Public Knowledge Level of Hazardous Drugs. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 455. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114106

Koswara, R. (2014). Manajemen Pelatihan Life Skill dalam Upaya Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Empowerment, 4(1), 37–50.

Kurniasari, R., Oktiani, N., & Ramadhanti, G. (2018). Pelatihan Kerja Dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Karyawan Baru Pada PT Kusumatama Mitra Selaras Jakarta. Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 239–246.

Meinawati, K. L. (2020). PEMANFAATAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TUTOR BIMBEL EDU PRIVATE. Jurnal Comm-Edu, 3(1), 19–26.

Mustangin, Kusniawati, D., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Di Desa Bumiaji. Sosio Global Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 58–72.

Mutiawardhana, R., Handayanta, E., & Emawati, S. (2013). Model Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Peternakan di Daerah Pertanian Lahan Kering Desa Kemejing Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Tropical Animal Husbandry, 2(1), 41–50.

Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. El Markazi.

Nurhayati, S., Anggidesialamia, H., Suryadi, D., & Fasa, M. I. (2020). Reading Review Program as an Innovative Effort to Increase Community’s Reading Interest. 491(Ijcah), 184–190. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.032

Nurhayati, S., & Falah, A. M. N. (2020). Implementasi Workshop Literasi Digital Dalam Membangun Keberdayaan Ekonomi Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 348–359.

Nurhayati, S., Masri, A., & Falah, N. (2020). IMPLEMENTASI WORKSHOP LITERASI DIGITAL DALAM. 4(3), 348–359.

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Nurhayati, S., & Rosita, T. (2020). Positive Parenting Training Program Implementation to Increase Parents’ Emotional Intelligence in Raising Well Being Children. 503(Iceccep 2019), 67–71. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201205.087

Nurmawati, Nurhayati, S., & Noor, A. H. (2021). IMPROVING VOCATIONAL HIGH SCHOOL ALUMNI COMPETITIVENESS. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 160–167.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda, G. (2020a). Partisipasi Karang Taruna Terhadap Kegiatan Masyarakat Melalui Aksi Sosial. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 144. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4151

Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda, G. (2020b). the Influence of Students’ Motivation on Entrepreneurship Attitude in Life Skills Program. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9, 47–65.

Safri, H. (2016). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Journal of Islamic Education Management, 1(1), 102–112.

Setiadiputra, R. P. Y. (2017). Urgensi Program Pengembangan Kompetensi SDM Secara Berkesinambungan di Lingkungan Pemerintah. Jurnal SAWALA, 5(1), 16–22.

Simamora, T. (2020). Peningkatan Kompetensi Peternak dan Keberlanjutan Usaha Sapi Potong di Desa Oebkim Kecamatan Bikomi Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor, 5(2), 20–23. https://doi.org/10.32938/ag.v5i2.1007

Subdirektorat Statistik Peternakan. (2020). PETERNAKAN DALAM ANGKA 2020. BPS-RI/BPS-Statistics Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Sutas2018, T. (2018). HASIL SURVEI PERTANIAN ANTAR SENSUS SUTAS 2018. Badan Pusat Statistik / BPS-Statistics Indonesia.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Wahdaniah, & Adha, W. M. (2018). Analisis Penerapan Prinsip - Prinsip Pelatihan Teknis Terhadap Pencapaian Indikator Kinerja Pegawai Di Kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Majene. Dinamika Ekonomi, 11(2), 439–450.

Widiastuti, N., Gunawan, A., & Hernawati, R. E. (2013). PELATIHAN IN-SERVICE TERHADAP KOMPETENSI BABYSITTER. Jurnal Empowerment, 2(1), 16–37

Downloads

Published

2023-05-25

Issue

Section

Articles