EVALUASI PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA BEKASI

Authors

  • Lusiana Wijayanti Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Ahmad Syahid Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratna Sari Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.11878

Keywords:

Evaluasi Program, Kesetaraan, Model CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program kesetaraan paket C di SKB Kota Bekasi menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam meliputi Context, Input, Process dan Product. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 kepala SKB, 2 tutor dan 2 warga belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Evaluasi Context program kesetaraan paket C di SKB Kota Bekasi sudah sesuai dengan tujuan dan kesesuaian kebutuhan warga belajar; (2) Evaluasi Input mencakup warga belajar, tutor, sarana prasara dan pendanaan sebagian besar sudah sesuai dengan yang diharapkan; (3) Evaluasi Process mencakup kegiatan perencanaan pembelajaran seperti jadwal kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran seperti absensi pembelajaran, materi pembelajaran, kurikulum pembelajaran, strategi pembelajaran dan partisipasi warga belajar semuanya sudah berjalan dengan lancar serta dikatakan sudah cukup baik; (4) Evaluasi Product kualitas hasil warga belajar yang ditinjau dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sudah sesuai dengan yang diharapkan.

References

Adharsyah, Taufan. (2019). Sri Mulyani Sebut 59% Pekerja Lulusan SMP, Fakta Lebih Ngenes. Diakses 21 Februari 2022. Diambil dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20190614153137-17-78468/sri-mulyani-sebut-59-pekerja-lulusan-smp-fakta-lebih-ngenes

Annur, Cindy Mutia. (2021). Mayoritas Angkatan Kerja Indonesia Lulusan SMA pada 2020. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/18/mayoritas-angkatan-kerja-indonesia-lulusan-sma-pada-2020

Istiyani, Nia Mei, & Utsman, Utsman. (2020). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6–13.

kompas.com. (2015). Menuju Wajib Belajar 12 Tahun. Diakses 20 Februari 2022. Diambil dari https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/edukasi/read/2015/01/13/01183401/puan-maharani-wajib-belajar-12-tahun-dimulai-juni-2015

Nurhayati, Lia, & Suprapto, Srihandayani. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket A Bagi Anak Putus Sekolah di Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 168–175.

Peraturan Pemerintah RI No. 47. (2008). No Titl. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id

Setiyaningrum, A. (2016). Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(7).

Stufflebeam, Daniel L. (1971). The relevance of the CIPP evaluation model for educational accountability.

Sudjana, Djudju. (2006). Evaluasi program pendidikan luar sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. .. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D (2nd ed). Bandung: CV Alfabeta.

Sujarwo. (2013). Pembelajaran Orang Dewasa (Metode dan Teknik). Yogyakarta: CV Venus Gold Press.

Sukardi, S. (2014). Evaluasi program pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI No 20. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id

Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.

Wirawan, W. (2011). Evaluasi teori, model, standar, aplikasi dan profesi. PT. RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2024-02-20