HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B DI PKBM SULTAN HASANUDIN KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Montero Simbolon Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tika Santika Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v6i3.14481

Keywords:

Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Belajar Paket B

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar warga belajar paket B di PKBM Sultan Hasanudin Kabupaten Bekasi. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar paket B di PKBM Sultan Hasanuddin Kabupaten Bekasi sebanyak 42 warga belajar. Penelitian ini dilakukan di PKBM Sinar Kabupaten Bekasi. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui skala likert, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang di hasilkan, untuk variabel X semua komponen pertanyaan dari X1-X14 dinyatakan valid karena dari nilai perhitungan nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel (0,361). Sedangkan untuk variabel Y semua komponen pertanyaan dari Y1-Y10 dinyatakan valid karena dari nilai perhitungan nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel(0,361). Selanjutnya dilakukan uji reabilitas. Didapatkan hasil output realibility variabel X diperoleh nilai alpha Cronbach sebesar 0,735 satu satuan dengan jumlah.

sekitarnya. Namun demikian, pada kenyataan masih ada orang tua yang kurang tepat dalam menentukan bentuk dan cara pembinaan kepribadian kepada peserta didik atau warga belajar. Seharusnya orang tua membentuk kepribadian anak dengan baik, apabila orang tua dalam melakukan pembinaan terhadap penerapan kepribadian anak dengan baik apabila orang tua dalam melakukan pembinaan terhadap penarapan kepribadian anak dilakukan dengan baik dan penuh tanggung jawab maka akan memiliki kepribadian yang baik juga.

Narasumber juga mengatakan setiap warga belajar masih kurang dalam hal pemahaman tentang lingkungan belajar yang mendukung terjadinya perubahan yang baik dari dalam pribadinya, masih rendahnya tingkat kemauan dan kesadaran warga belajar untuk memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi dan dukungan lingkungan sehari-hari dalam proses pembelajaran di kelas, di lingkungan keluarga dan bermasyarakat bermasyarakat.

Lingkungan belajar yang kurang baik akan mempengaruhi hasil belajar pada peserta didik/warga belajar dalam mencapai hasil yang optimal. Dari beberapa pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar yang nyaman dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti telah mengkaji masalah tersebut dengan melakukan penelitian dengan judul “Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Warga Belajar Paket B di PKBM Sultan Hasanudin Kabupaten Bekasi.

Downloads

Published

2023-09-30