PATISIPASI TOKOH MASYARAKAT RT 01 RW 11 KELURAHAN CIPAGERAN DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN PROGRAM KESETARAAN PAKET A SETARA SD DI PKBM BINA MANDIRI CIPAGERAN

Authors

  • Edi Safrudin IKIP SILIWANGI
  • Irsan Suherlan IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1685

Keywords:

Tokoh Masyarakat, Partisipasi, Warga Belajar, Pendidikan Kesetaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mendeskripsikan partisipasi tokoh masyarakat dalam perencanaan program kesetaraan paket A setara SD di PKBM Bina Mandiri Cipageran. 2) Untuk mendeskripsikan partisipasi tokoh masyarakat dalam pelaksanaan program kesetaraan paket Asetara SD di PKBM Bina Mandiri Cipageran. 3) Untuk mendeskripsikan partisipasi tokoh masyarakat dalam meningkatkan kualitas program kesetaraan paket A setara SD di PKBM Bina Mandiri Cipageran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tokoh masyarakat, pengelola, tutor dan warga belajar yang terlibat dalam program Kesetaraan Paket A Setara SD di PKBM Bina Mandiri Cipageran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan simpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran tokoh masyarakat dalam pelaksanaan program Kesetaraan Paket A di PKBM Bina Mandiri sebagai pemrakarsa, pengelola, tutor, motivator dan penyedia fasilitas belajar. 2) Tokoh masyarakat sebagai pemrakarsa memiliki gagasan dan melakukan rapat bersama pengelola untuk merencanakan program Kesetaraan Paket A; sebagai pengelola ikut serta memantau bahkan membantu tutor dalam pembelajaran; sebagai tutor melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan warga belajar; sebagai motivator memberikan pengarahan; informasi dan mengingatkan agar partisipasinya meningkat serta memfasilitasi tempat bagi pembelajaran Kesetaraan Paket A. 3) Peran Tokoh Masyarakat dalam meningkatkan kualitas program kesetaraan paket A setara SD di PKBM Bina Mandiri Cipageran adalah penerimaan dan kepercayaan dari warga belajar akan keberadaan tokoh masyarakat tersebut serta adanya dana bagi penyelenggaraan program.

References

Evans, D. R. (2008). Pendidikan Non Formal. Jakarta Grasindo.

Hamijoyo, S. ( 1988). Model Komunikasi Dua Tahap. Jakarta. Lubuk Agung.

Mulyono, D. (2018). The Strategy Of Managers In Moving Business Learning Group Program In PKBM Srikandi Cimahi City. Journal of Educational Experts (JEE), 1(1), 37-44.

Sujiono. (2009). Metode Penelitian. Jakarta. Grasindo.

Sukmadinata. (2005). Metode penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Terry, G. R. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung. Fallah Froduction.

Tilaar, H.A.R. (2009 .). Manajemen Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2018-09-29