PENERAPAN ROLE PLAYING TEKNIK MUHAWAROH BAHASA ARAB DI PROGRAM KESETARAAN BERBASIS KEAGAMAAN

Authors

  • Dwi Handayani Pendidikan Bahasa arab, Universitas Islam Nusantara, Jawa Barat, Indonensia
  • Imam Asrofi Pendidikan Bahasa arab, Universitas Islam Nusantara, Jawa Barat, Indonensia

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.17279

Keywords:

Role Playing, Muhawaroh, Bahasa arab

Abstract

Kompetensi yang menjadi luaran pendidikan kesetaraan berbasis keagamaan yaitu kemampuan bahasa arab, namun semenjak adanya pandemi Covid 19, mengalami kesulitan mencapai nilai diatas 75 skor KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sehingga, perlu mengintegrasikan metode pembelajaran antara role playing dengan teknik muhawaroh, bertujuan menemukenali pembelajaran yang menyenangkan, variatif, dan partisipatif. Pendekatan kuantitatif menerapkan pre-eksperimen design dengan bentuk the one shot case study, yaitu desain penelitian yang melibatkan satu kelas eksperimen, dilaksanakan tanpa kelas pembanding dan tanpa tes awal (pretest). Responden yang terlibat berjumlah 32 orang, dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan hasil. Uji eksperimen telah menunjukan skor ketuntasan KKM kurang dari 75 berjumlah 3 orang (9,4%) yang belum tuntas, sedangkan di atas skor 75 berjumlah 29 orang (90,6%), persentase skor ketuntasan tersebut termasuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan uji statistik dengan tenik uji-t one sample test, nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai t hitung 7,238 > t tabel 1,7, maka terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa arab setelah diterapkannya metode pembelajaran role playing melalui teknik muhawaroh, dengan nilai rata-rata diatas 75. Simpulan penelitian ini, menunjukan bahwa penerapan metode yang variatif mampu meningkatkan kemampuan belajar berbicara bahasa arab peserta didik.

        

References

Ali, M. (2022). Daya Sugesti Diksi Kelong dalam Struktur Mikro pada Analisis Wacana Kritis Van Dijk (Kajian Puisi Lisan Makassar). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4723–4730.

Bahtiar, R. S., & Suryarini, D. Y. (2019). Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 71–78.

Creswell, J. W. (2013). Educational research: Planning, conducting, and evaluating. W. Ross MacDonald School Resource Services Library.

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3).

Djumingin, S. (2011). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Badan Penerbit UNM.

Effendi, M. S. (2013). Desain eksperimental dalam penelitian pendidikan. Jurnal Perspektif Pendidikan, 6(1), 87–102.

Effendy, A. F. (2005). Metodologi pengajaran bahasa arab. Malang: Misykat, 35.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Penerbit Lakeisha.

Hermawan, A., & Alwasilah, C. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Hufad, A., Rahmat, J., & Purnomo, P. (2017). Women ’ s Leadership Model The Effort in Organization Supervision. Icse, 16–21.

Luthfia, A. (2014). Pentingnya kesadaran antarbudaya dan kompetensi komunikasi antarbudaya dalam dunia kerja global. Humaniora, 5(1), 9–22.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Mujaddid, A. (2022a). Penggunaan Metode Dialog (Muhawaroh) Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas X (Sepuluh) Smk Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. IJERT: Indonesian Journal of Education Research and Technology, 2(1), 12–21.

Mujaddid, A. (2022b). Penggunaan Metode Dialog (Muhawaroh) Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas X (Sepuluh) Smk Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Education Research and Tehnology, 2(1), 12–21.

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. Ac. Id Hal, 1.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran. UIN Maliki Press.

Naila, S. (2022). Implementasi Metode Muhawarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2), 17–24.

Nisa, I., & Irawati, R. P. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Eklektik Permainan “Tebak Tepat Pasanganmu†Pada Peserta Didik Kelas XI IPA-2. Journal of Arabic Learning and Teaching, 4(7).

Nisaâ, I., & Irawati, R. P. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Eklektik Permainan (Tebak Tepat Pasanganmu Pada Peserta Didik Kelas XI IPA-2 MAN Kendal). Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 4(1).

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–117.

Putri, M., Rakimahwati, R., & Zulminiati, Z. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 171–179.

Rahmah, D. (2019). Fungsi Bahasa Indonesia dan Fungsi Teks dalam Kehidupan Sehari-hari. Center for Open Science. Doi Https://Doi. Org/10.31227/Osf. Io/6nbz7.

Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam pusaran arus globalisasi: Antara pesismisme dan optimisme. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2).

Rosyidi, A. W. (2009). Media pembelajaran bahasa Arab. UIN-Maliki Press.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70.

Subagiyo, H. (2013). Role Play. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing di Kelas VI SDN IV Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2), 123–129.

Wahyudin, U., & Hufad, P. (2020). Community Learning Center ( CLC ) Management in Indonesia-Malaysia Border Area on Education for Sustainable Development ( ESD. 24(08), 1531–1540. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280166

Wahyudin, U., & Purnomo, P. (2019). Challenges of Community Education in the Digital Era. 214(Ices 2018), 194–199.

Downloads

Published

2023-05-19

Issue

Section

Articles