PENERAPAN DIGITALISASI PADA PROSES PEMBELAJARAN KURSUS DI LKP VISION COLLEGE

Authors

  • Ahmad Thoha Aziz Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Liliek Desmawati Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Muarifuddin Muarifuddin Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.17296

Keywords:

Digitalisasi, Proses Pembelajaran Kursus, LKP

Abstract

Digitalisasi menjadi upaya dalam mengikuti perkembangan teknologi digital. Upaya ini telah dilakukan pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. LKP Vision College sebagai lembaga pendidikan nonformal menerapkan digitalisasi dengan menyediakan pembelajaran berbasis digital. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan digitalisasi pada komponen pembelajaran dan proses pembelajaran di LKP Vision College, serta apa faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 6 subjek penelitian dan 3 informan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen pembelajaran telah menerapkan digitalisasi dengan baik. Proses pembelajaran berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Perencanaan diwujudkan dalam RPP dan Silabus berdasarkan kebutuhan dan menyesuaikan perkembangan teknologi. Pelaksanaan berlangsung dengan model offline dan online. Pengawasan dilakukan oleh pengelola dan penilaian dilakukan melalui beberapa tes dengan memanfaatkan teknologi digital. Faktor pendukung penerapan digitalisasi mencakup adanya SDM berkualitas, sarana prasarana lembaga mendukung, perkembangan teknologi yang efektif dan efisien. Sedangkan faktor penghambat adalah perkembangan teknologi yang terlalu cepat, kemauan instruktur masih rendah dalam belajar, biaya pengadaan sarana dan prasarana yang tinggi, dan beberapa prasarana pembelajaran yang kurang mendukung.

References

Amarulloh, A., Surahman, E., & Vita, M. (2019). Digitalisasi dalam Proses Pembelajaran dan Dampak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2815

Andharweni, T. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ditinjau dari Standar Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Getasan, Kab. Semarang). Satya Widya, 38(1), 68–79. https://doi.org/10.24246/j.sw.2022.v38.i2

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.); Pertama). CV Jejak.

Anita, & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509

Arbarini, M., Rahmat, A., Ismaniar, Isa, A. H., & Siswanto, Y. (2022). Equivalency Education: Distance Learning and Its Impact in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 8(1), 12–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/jne.v8i1.33932

Barthakur, A., Joksimovic, S., Kovanovic, V., Richey, M., & Pardo, A. (2022). Aligning objectives with assessment in online courses: Integrating learning analytics and measurement theory. Computers and Education, 190, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104603

Bui, T. H. (2022). English teachers’ integration of digital technologies in the classroom. International Journal of Educational Research Open, 3(August), 100204. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100204

Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(1), 47–60. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3780

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1674/1068

Cin, A., Özkale, U., & Akay, C. (2022). University Students’ Opinions about Mobile Learning: A Qualitative Meta-Synthesis by ENTREQ Statement (2000-2020). Croatian Journal of Education, 24(1), 297–342. https://doi.org/https://doi.org/10.15516/cje.v24i1.4193

DeÄman, N., & Rep, A. (2022). Digitalization in Teaching Economic Disciplines: Past, Current and Future Perspectives. Business Systems Research, 13(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.2478/bsrj-2022-0012

Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Fakhruddin, F., Shofwan, I., Mulyono, S. E., Kisworo, B., & Kriswanto, H. D. (2022). Student Satisfaction Perspective : Online Learning And The Effectiveness Of Online Learning Media. Webology, 19(2), 905–916. http://www.webology.org

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca.

Fattileni, L. (2018). Pelaksanaan Sistem Belajar E-Learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang. Universitas Islam Negeri Rade Fatah Palembang.

Gumelar, D. R., & Dinnur, S. S. (2020). Digitalisasi Pendidikan Hukum Dan Prospeknya Pasca Pandemi Covid-19. Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluarga dan Peradilan Islam, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.15575/as.v1i2.9909

Gupta, S. K., & Sengupta, N. (2021). Webinar as the Future Educational Tool in Higher Education of India: A Survey-Based Study. Technology, Knowledge and Learning, 26(4), 1111–1130. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10758-021-09493-7

Herwina, W., & Miradj, S. (2021). Analyzing the Impacts of Course and Training Institution Management on Education Services for Communities during the Covid-19 Pandemic. Journal of Nonformal Education, 7(2), 127–134. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jne.v7i2.30918

Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Kurniawan, E., Dewi, A. K., Wirdianti, N., Hermawati, F. M., & Marhento, G. (2020). Covid-19 Dan E-Learning: Perubahan Strategi Pembelajaran Sains Dan Lingkungan Di Smp. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 50. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.11791

Ili, L., & Jusmaningsih, D. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. 10(1), 112–118. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/169100

Jobirovich, Y. M. (2021a). Advantages of the introduction of digital technologies into the educational process. Journal of Culture, Literature, and ELT, 7, 17–20. https://literature.academicjournal.io/index.php/literature/article/view/60#additionalNotes

Jobirovich, Y. M. (2021b). The Role of Digital Technologies in Education System. The American Journal of Social Science and Education Innovations, 03(04), 461–465. https://doi.org/https://doi.org/10.37547/tajssei/Volume03Issue04-73

Kisworo, B., Yusuf, A., Desmawati, L., Shofwan, I., Kusumawati, zulaikhah rita, Sakti, amalia balqis oktiva, & Setiawati, rana indah. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Platform Animaker.com bagi Pendidik PAUD Nonformal di Kota Semarang 5. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 15–23. https://doi.org/10.15294/abdimas.v26i1.33745

Lao, H. A. E., Ekosiswoyo, R., Sutarto, J., & Pramono, S. E. (2018). The Performance of Teachers in the Digital Era in Improving Learning Quality. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology 2018, 247(Iset), 219–223. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.46

Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Digitalisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 17–29. https://jurnaledukasi.org/index.php/edukasia/article/view/62

Maness, H. T. D., Hakimjavadi, H., & Chamala, S. (2023). Maintaining Informatics Training Learning Outcomes With a COVID-19 Era Shift to a Fully Online Flipped Course. Journal of Pathology Informatics, 14, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jpi.2022.100162

Miftahul, H. Y. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Pelatihan Komputer di LKP Vision College Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Mohamad, M. (2019). Kemendikbud: Lembaga Kursus dan Pelatihan Mayoritas Belum Terakreditasi. jpnn.com. https://m.jpnn.com/news/kemendikbud-lembaga-kursus-dan-pelatihan-mayoritas-belum-terakreditasi

Ngatini, S. (2021). Upaya Inovatif Pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Wilayah Mlati, Ngemplak, Ngaglik dan Kalasan pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1285–1298. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10827

Pangondian, A. R., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ’Adalah: Buletin Hukum & Keadilan, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394

Putri, M. K. (2022). Implementasi Program Life Skills Berbasis Kewirausahaan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Vision College Jatingaleh. Univeristas Negeri Semarang.

Rahabav, P., & Souisa, T. R. (2021). Evaluation of Non-formal Education Management in Maluku Province , Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(4), 1395–1408. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.21116

Rosyid, M. K., Faizin, M. S., Nuha, N. U., & Arifa, Z. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif di Lembaga ‎Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 1–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/lisania.v3i1.1-20

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cetakan Pe). Kencana.

Sadjadi, E. N. (2023). Challenges and Opportunities for Education Systems with the Current Movement toward Digitalization at the Time of COVID-19. Mathematics, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ math11020259

Sanoto, H. (2021). Online Learning Management in the Covid-19 Pandemic Era. Journal of Education, Teaching, and Learning, 6(1), 47–52. https://doi.org/https://10.26737/jet.v6i1.2358

Siregar, N., & Suhendra, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Standar Proses: Mewujudkan Paradigma Baru Pembelajaran. Darul ‘Ilmi, 10(01), 120–133. https://doi.org/https://doi.org/10.2495/di.v10i.6752

Stoyanova, T., & Markova, M. (2022). Researching Digitalization of the Education: a Case Study of Bulgarian Universities. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 9(4), 50–63. https://doi.org/https://doi.org/10.9770/jesi.2022.10.1(2)

STROE, A.-C. (2022). Digitalization of Romanian Education System: Is Romania Ready to Embrace Education 4.0? Informatica Economica, 26(3), 16–25. https://doi.org/https://10.24818/issn14531305/26.3.2022.02

Suciati. (2018). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan, 19(2), 11. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.731.2018

Suhandiah, S., Suhariadi, F., Yulianti, P., Wardani, R., & Muliatie, Y. E. (2022). Online learning satisfaction in higher education: what are the determining factors? Cakrawala Pendidikan, 41(2), 351–364. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.35724

Sujanto, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Melalui Akreditasi. Infokam, 15(2), 98–108. https://doi.org/https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.176

Suryadi, D., & Nurhayati, S. (2020). Management of Courses and Training Institute (Lkp) Puspa Kencana To Improve the Quality of Students’Learning. EMPOWERMENT; Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 278–285. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v9i2p278-285.1955

Sutarto, J., Mulyono, S. E., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2019). Determinants of Web-Based E-Training Model to Increase E-Training Effectiveness of Non-Formal Educators in Indonesia. Journal of Education and Practice, 10(24), 24–31. https://doi.org/10.7176/JEP

Sutarto, J., Raharjo, T. J., Shofwan, I., Siswanto, Y., & Isdaryanti, B. (2022). Student Needs-Oriented E-Training Model In Society Era. Webology, 19(2), 2970–2983. https://www.webology.org/abstract.php?id=1605

Tasmalina, Y., Atmanto, D., & Maulida, E. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Sabun Herbal Minyak Atsiri Kayu Manis. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 187. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.6374

Usup, Supriyono, Hardika, & Redjeki, E. S. (2020). Development of Student Entrepreneurship Skills in LKP Kresna Informatika. EDUCATIO : Journal Of Education, 5(1), 72–79. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/educatio.v5i1.241

Wei, Y., & Tang, H. (2022). Digital Effectiveness in Video Conference Methods on Internet Learning Environments of Higher Education. Journal of Mathematics, 2022, 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2022/6996407

Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3839–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312

Yuliono, S. N., Sarwanto, & Cari. (2018). Physics-Based Scientific Learning Module to Improve Students Motivation and Results. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 137–142. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.6112

Downloads

Published

2023-05-29

Issue

Section

Articles