UPAYA PENGELOLA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ORANG TUA MURID MELALUI PELATIHAN VOKASIONAL

Authors

  • sri hartati ikipsiliwangi
  • Enjang Rosidin IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1786

Keywords:

Kemnadiran, Pelatihan Vokasional, Orang tua Murid

Abstract

Fokus penelitian ini secara umum tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran deskriptif tentang Upaya Pengelola dalam Meningkatkan Kemandirian Orang Tua Melalui Pelatihan Keterampilan Vokasional. Adapun secara terperinci tujuan yang ingin diwujudkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a). Untuk mengetahui Bagaimaan perencanaan pengelola dalam meningkatkan kemandirian orang tua murid melalui pelatihan vokasional. b) Untuk mengetahui  proses pelaksanaan pengelola dalam meningkatkan kemandirian orang tua murid melalui pelatihan vokasional. c). Untuk mengetahui  hasil pengelola dalam meningkatkan kemandirian orang tua murid melalui pelatihan vokasional. d). Untuk menagatahui tantangan dan hambatan pengelola dalam meningkatkan kemandirian orang tua murid melalui pelatihan vokasional.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatip dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya: observasi, wawancara, dukumentasi dan studi literature, dengan sampel penelitian sebanyak 6 orang, 1 orang guru dan 5 orang, orantua peserta didik.

Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pengembangan kemandirian orang tua melalui keterampilan vokasional secara kolaboratif memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam meningkatkan keterampilan untuk orang tua peserta didik yang di kembangkan oleh lembaga. Hasil implementasi pengembangan meningkatkan kemandirian orang tua melalui pelatihan vokasional menunjukkan bahwa pengelola, guru dan orang tua memberikan respon yang positif. Tingkat penerimaan sumber belajar dan warga belajar terhadaap materi yang dikembangkan dalam model cukup tinggi sehingga berdampak positif terhadap orang tua pesrta didik.

References

Anwar. (2004). Pendidikan Keterampilan. Rineka Cipta. Jakarta

Djuju Sudjana (2000). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta. Cahaya Ilmu

Cardy. (2001). Pelatihan Karyawan. Tarsito. Bandung

Iswari. (2007). Keterampilan (Life Skill). Gramedia. Jakrta

Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in the development of The Community. Empowerment, 7(1), 25-35.

Rahyubi. H. (2012). Keterampilan Vokasional. Jakarta. Alfa Betha

Rukanda. N. (2015). Efektifitas Pelatihan Keterampilan Hantaran Bagi Kaum Perempuan Di Desa Cigugur Girang Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi

Purwanto. (2009). Kelembagaan Pendidikan. Tarsito. Bandung

Pavlova. (2009). Keterampilan Vokasional. Gramedia. Jakarta

Singh. (2009). Pendidikan Keterampilan Kejuruan. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Steinberg, Lawrence. (2002). Adolescence. Sixth edition, New York: McGraw Hill.

Tri Winari, (1998). Pemebrdayaan Masyarakat. Jakarta. Golbal Media

Wardiman. (1998). Perkembangan Pendidikan Vokasional. Lubuk Agung. Jakarta

Downloads

Published

2018-09-29