VIRTUAL COMMUNICATION: ETIKA BERMEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Cep Supriatna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jenuri Jenuri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.17877

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini tentunya terjadi kemajuan teknologi informasi yang dimana semakin canggih dan penyampaian pesan dan informasi dengan cepat dan praktis melalui smartphone yang diakses dengan jaringan internet dan sosial media. Media sosial merupakan aplikasi yang utama digunakan oleh masyarakat umum untuk melaksanakan komunikasi. Namun, dalam penggunaan media sosial ini terkadang terdapat pihak yang tidak menggunakan etika dalam bermedia sosial dan menggunakan media sosial secara semena-mena sehingga mengarah kedalam hal negatif. Banyaknya tindakan penyimpangan moral dan etika merupakan tantangan dan ancaman dalam berkomunikasi, terutama dalam berkomunikasi di media sosial. Padahal adab dan etika dalam islam sangat dijunjung tinggi dalam melaksanakan sesuatu baik secara langsung maupun melalui media sosial. Hal ini dilakukan agar terjadinya kenyamanan dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu sebagai umat muslim kita harus mengedepankan etika dan adab yang baik dalam berkomunikasi baik secara langsung maupun dalam media sosial, karena hal tersebut sudah diatur di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. 

 

Downloads

Published

2023-05-27

Issue

Section

Articles