RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK (RPTRA) DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK DI KELURAHAN BENDUNGAN HILIR (Studi Kasus RPTRA Taman Raning)

Authors

  • Arofa Anggun Pratiwi universitas singaperbangsa karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutarjo Sutarjo Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.19251

Keywords:

Peran, Tumbuh Kembang, RPTRA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang mengetahui peran RPTRA sebagai lingkungan belajar dalam meningkatkan tumbuh kembang anak usia dini dan mengetahui tumbuh kembang anak di RPTRA Taman Raning. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dilakukan di RPTRA Taman Raning Jakarta Pusat. Subjek penelitian terdiridari koordinator RPTRA, pengelola RPTRA, dan orang tua. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukan bahwa peran RPTRA sebagai lingkungan belajardalam meningkatkan tumbuh kembang anak seperti fasilitas-fasilitas dalam RPTRA tidak hanya ramah anak, namun juga ramah penyandang disabilitas. Fasilitas yang ada di RPTRA ini terdiri dari fasilitas bermain, fasilitas olahraga, fasilitas bersantai, dan berbagai fasilitas penunjang. Anak-anak yang banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di luar rumah biasanya memiliki lebih sedikit masalah sosial, emosional dan perilaku daripada mereka yang memiliki lebih sedikit kesempatan untuk bersosialisasi, RPTRA didesain dan di program untuk melaksanakan ruang publik yang ramah bagi anak, untuk itulah kehadirannya mampu membawa fungsi sosialisasi bagi anak yang merupakan bagian dari stimulasi tumbuh dan kembang anak.

References

AG. Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik (konsep. teori dan aplikasi).Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budi Winarno. 2008. Kebijakan Publik, Pt. Buku Kita: Jakarta.

Abdul Wahab, Solichin, 2008, Analisis Kebijakan dari formula ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta : Pt. Bumi Aksara

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta :Sagungseto .Pp 86-90.

Riyadi, sujono, 2009, Asuhan Keperawatan Pada Anak, Yogyakarta : Graha Ilmu

Soetjiningsih, 2009, Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya, Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Wong, 2009, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

B. Uno, Hamzah,2007. Pembelajaran Menciptakan proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetya Irawan, 2006. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi FISIP-UI.

Aan Komariah dan Djam’an Satori, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : Alfabeta

Sencaya, Rengga. 2016. Minim Lahan, Anak-Anak Bermain Di Jalan Dan Bantaran Sungai, July 20, 2016, detiknews edition. detiknews.com.

Suban, Alex. 2017. RPTRA, Ruang Publik Beragam Manfaat Bagi Anak-Anak Dan Kaum Perempuan, March 9, 2017.

Mahmur, Yusnita, and Sophianita Amany. 2018. Stimulasi Bermain Di Ruang Publik Terpadu Ramah

ANAK (RPTRA) HARAPAN MULYA, KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian) 6 (July):171-79. https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.2413.

Hernowo, E., and A. M Navastara. 2017. Karakteristik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari Di Kecamtan Cilandak, Jakarta Selatan, JurnalTeknik ITS

Peraturan Gubernur Nomor 196 Tahun 2015 tentang Pengelolaan RPTRA

Nurwati, Nunung dan Zahra Putri Listari. Kondisi Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Program Studi Kesejahteraan Sosial Fisip Unpad 11, No.1:74-80

Jannah, Miftahul Dan Khamim Zarkasih Putro. Pengaruh Faktor Genetik Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Program Magister Piaud, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga:58-61

Nurkholidah. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Tumbuh Kembang Anak Usia 1 – 3 Tahun Di Desa Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia(2020):20-21

Prastiwi, Meiuta Hening. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 02, No.2(2019):242-249

Sari, Sri Yulia, Indrawati, Dan Aris Dwi Nugroho. Eksistensi Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran Paud Jurnal Pg-Paud Fkip Universitas Sriwijaya 06, No.2 (2019):146-154

Nurhayati, Eti. Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan.

Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. 2020. Perkembangan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta. 75 Hal.

Downloads

Published

2024-02-20