MENINGKAT LIFE-SKILL WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN KOMPUTER DI PKBM AT-TAJDID KOTA CIMAHI

Authors

  • zaenal mutaqin IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2452

Keywords:

Kata kunci, pelatihan, komputer, dan pelatihan komputer

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui upaya, hasil, faktor pendukung dan penghambat peningkatan life-skills warga belajar melalui pelatihan komputer. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, tes tertulis dan tes praktik. Sumber data penelitian diperoleh dari tutor, warga belajar, dan pengelola. Data dianalisis menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya tutor dalam meningkatkan keterampilan komputer warga belajar paket B dan paket C berjalan dengan baik dan berhasil. Peserta pelatihan mendapatkan hasil dengan memiliki kemampuan kognitif, afektif serta skills yang membantu peserta pelatihan mudah mendapatkan pekerjaan dan memiliki usaha. Faktor pendukung adalah tingginya tingkat kemauan warga belajar, sarana dan prasarana yang memadai, media dan metode pembelajaran yang cukup baik, serta bantuan dana dari APBD yang cukup membantu. Faktor penghambatnya adalah kurangnya perekrutan peserta, komputer yang rusak dan jumlahnya sedikit dibandingkan dengan jumlah peserta pelatihan, terbatasnya bantuan dana alokasi APBD, dan kurangnya jumlah tutor.

References

Anwar, A. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.

Artasasmita, R. (1985). Pedoman Kursus dan Latihan. Bandung: Jurusan PLS FIP IKIP.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Jendral Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, H. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Non-Formal Education and Community Empowerment, 1-9.

Hidayat, D. (2007). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Masyarakat Program Kejar Paket C. 3(1), 1-10.

Laksana, Y., Sholih, S., & Naim, M. (2017). Pelatihan Tata Rias Pengantin bagi Wanita Tuna Susila dalam Meningkatkan Kemandirian Usaha. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment (2), 1(1), 43-54.

Sudjana, D. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.

Undang-Undang No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2019-02-01