PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM SENI TARI PADA ANAK SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DI BENING SAGULING FOUNDATION

Authors

  • selin wanisya IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2479

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pelestarian Budaya, Seni Tari.

Abstract

Dalam era modern yang terus meningkat membuat kesadaran kecintaan generasi penerus bangsa berkurang karena adanya perubahan sosial dan pola pikir. Khawatirnya seiring dalam perkembangan zaman karakter anak ikut runtuh karena era modern yang kuat akan perkembangan yang sangat pesat. Sesuai data menurut survei riset KOMINFO (Amalia, 2016) bahwa 75% anak dibawah 13 tahun sudah gunakan media sosial, semestinya gadget belum layak untuk digunakan untuk anak usia dibawah 13 tahun. Pendidikan karakter perlu diterapkan sejak dini, kita mengetahui perkembangan zaman di era gobalisasi yang semakin modern. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pendidikan karakter melalui pelatihan seni tari sebagai pelestarian budaya (2) mengetahui karakter anak sebelum mengikuti kegiatan pelatihan seni tari (3) mengetahui  karakter anak setelah mengikuti kegiatan pelatihan seni tari. Penelitian ini dilakukan di Bening Saguling Desa Babakan Cianjur, Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah pengelola Bening Saguling Foundation dan tujuh orang perwakilan dari warga belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang merupakan fakta berdasarkan hasil lapangan. Hasil dari diadakannya kegiatan ini anak-anak begitu antusias dan memberikan kesan dan pesan yang menyenangkan, selain kegiatan mereka lebih produktif juga menambah ilmu yang bernilai positif  serta menumbuhkan rasa kecintaan mereka terhadap budaya indonesia yang kaya. Anak-anak diberikan apresiasi untuk tampil sebagai evaluasi mereka atas apa yang dicapai. 

Downloads

Additional Files

Published

2019-02-01