PERAN ORGANISASI FORUM KOMUNIKASI KELUARGA ANAK DENGAN KEDISABILITASAN (FK-KADK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PARENTING KELUARGA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Efda Mutia IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2480

Keywords:

Kata Kunci, Disabilitas, Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) Parenting

Abstract

Disabilitas atau anak berkebutuhan khusus suatu kata yang disematkan pada orang orang yang memiliki keterbatasan khususnya  dalam hal fisik atau prilaku. Anak yang memiliki keterbatasan butuh penangagan khusus tentunya dari orang tua sendiri tapi masih banyak orang tua awam untuk mengurus anak disabilitas. Bahkan mereka sangat rentan terhadap penelantaran dan kekerasan seperti stigma negatif, ‘disembunyikan’. Tidak di asuh dengan layak dan berbagai bentuk penelantaran lainya.  sedangkan anak terus berkembang dan tidak akan terus menjadi seperti itu. Begitupun dengan penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Proses Peran Organisasi  Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) Dalam meningkatkan kualitas parenting keluarga anak berkebutuhan khusus  (2) Untuk mengetahui Hasil Peran Organisasi Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) Dalam meningkatkan kualitas parenting keluarga anak pendekatan kualitatif  dan metode ini yang dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, triangulasi. Penelitian ini di lakukan di Desa Mekarjaya Kec.Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dengan responden penelitian sebanyak 30 Orang, dengan  pengelola berjumlah 5 orang,  dan orang tua 30 orang dengan sempel yang di ambil sejumah 10 orang.  dan  Hasil dari penelitian yaitu (1) Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan telah mampu mensosialisasikan kepada orang tua anak berkebutuhan khusus  pengasuhan yang baik bagi anak dengan disabilitas di keluarga (2) penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus dan menerapkan pola asuh yang baik bagi anak dengan disabilitas di keluargaberkebutuhan Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan.

References

Brooks, j. 2011 : 46. the process of parenting. yogyakarta: pusat belajar .

n.d. Fkkadk Cimahi. Accessed januari 22, 2019. https://fkkadkcimahi.wordpress.com/forum/.

Hoghughi, M S & Long, N. 2004 : 35. Handbook of Parenting: Theory and Research for Practice. India: SAGE Publications.

Husodo, Hendro Susilo . 29 Januari, 2016 - 20:56. 90 Persen Disabilitas di KBB dari Keluarga tak Mampu. Koran, Bandung Raya: Pikiran Rakyat.

Kurniati, Rika. 2018. "MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PARENTING DI." comm edu 2622-5492.

Maxwell, John C. 1995. Mengembangan kepemimpinan di dalam diri anda (terjemahan). Jakarta: Binarup Aksara.

Rakyat, Pikiran. 2018. Pikiran Rakyat. Maret 13. Accessed januari 22, 2019. https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/03/13/jelang-pilkada-pemilih-difabel-di-bandung-barat-mulai-didata-421187.

Ross, Kubler. 2003. Kematian Sebagai Kehidupan: On Death and Dying. jakarta: Gramedia utama.

Stoneman, Z. & Gavidia-Payne, S. 2006. "Marital adjustment in families of young children with disabilities: Associations with daily hassles and problemfocused coping." American Journal on Mental Retardation 111, pp, 1–14.

Sudjana. 2010 : 24. Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah.

Sugiyono. 2014 : 241. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar. Padang : UNP Press.

Downloads

Published

2019-02-01