IMPLEMENTASI KITAB AKHLAK LIBANEN TERHADAP SANTRI PESANTREN ANWARUL ‘ULUM UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PENDEKATAN PEDAGOGI

Authors

  • Ijang Kusmawan IKIP Siliwangi
  • Ikah Cartikah

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2504

Abstract

Pondok pesantren anwarul’ulum bertempat di Kel. Baros Cimahi Selatan.  Ponpes ini menyelenggarakan program unggulan yaitu Kitab kuning dan Tahfid Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan akhlak karimah santri pondok pesantren. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogi. Variabel Independent adalah Implementasi kitab akhlak terhadap santri pondok pesantren. Variabel dependent adalah Peningkatan Akhlakul karimah melalui pendekatan andragogi. Populasi pada penelitian ini adalah semua santri pondok pesantren dengan sampel 10 orang santri. Hasil penelitian (1) Menunjukan adanya kondisi pengembangan akhlak yang lebih baik dalam mempelajari kitab akhlak (2) Pengelola Lebih menguasi materi pembelajaran dalam peningkatan pengembangan kitab akhlak.(3) Peningkatan kompetensi para santri dalam pembelajaran kitab akhlak berupa kemajuan pengetahuan dalam berprilaku baik dalam mencakup tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Kata Kunci : Pondok Pesantren, Akhlak, Pendekatan Pedagogi, santri

References

Arifin, M. (1991). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, R. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi"iyah Sukerejo. E JUrnal , 4.

Dghofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren: studi tentang tantangan hidup Kyai. Jakarta: LP3Es.

Hamalik, H. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamin, N. (2014). Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali. e jurnal , 24.

Mahsyuri, Z. (2008). Metodologi penelitian: pendekatan praktis dan aplikasi. Bandung: Reflika Aditana.

Mashyuri. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Ilmu Administrasi Bisnis , Vol. 4 no 3 tahun 2016 hal 34.

Undang-Undang Dasar Pasal 26 bab 4 No. 20 Tahun (2003): Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Dasar No. 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional

Syaikh Umar Baraja. Pengarang Kitab Akhlak AL- Libanen

Sugiono. (2014). Metode penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2004). metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Salafiyah. e jurnal , 288.

Syaodih, N. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Pendidikan , 291.

Downloads

Published

2019-05-27