IMPLEMENTASI KITAB AKHLAK LIBANEN TERHADAP SANTRI PESANTREN ANWARUL ‘ULUM UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PENDEKATAN PEDAGOGI

Ijang Kusmawan(1*), Ikah Cartikah(2)

(1) IKIP Siliwangi
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pondok pesantren anwarul’ulum bertempat di Kel. Baros Cimahi Selatan.  Ponpes ini menyelenggarakan program unggulan yaitu Kitab kuning dan Tahfid Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan akhlak karimah santri pondok pesantren. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogi. Variabel Independent adalah Implementasi kitab akhlak terhadap santri pondok pesantren. Variabel dependent adalah Peningkatan Akhlakul karimah melalui pendekatan andragogi. Populasi pada penelitian ini adalah semua santri pondok pesantren dengan sampel 10 orang santri. Hasil penelitian (1) Menunjukan adanya kondisi pengembangan akhlak yang lebih baik dalam mempelajari kitab akhlak (2) Pengelola Lebih menguasi materi pembelajaran dalam peningkatan pengembangan kitab akhlak.(3) Peningkatan kompetensi para santri dalam pembelajaran kitab akhlak berupa kemajuan pengetahuan dalam berprilaku baik dalam mencakup tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Kata Kunci : Pondok Pesantren, Akhlak, Pendekatan Pedagogi, santri


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (1991). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, R. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi"iyah Sukerejo. E JUrnal , 4.

Dghofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren: studi tentang tantangan hidup Kyai. Jakarta: LP3Es.

Hamalik, H. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamin, N. (2014). Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali. e jurnal , 24.

Mahsyuri, Z. (2008). Metodologi penelitian: pendekatan praktis dan aplikasi. Bandung: Reflika Aditana.

Mashyuri. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Ilmu Administrasi Bisnis , Vol. 4 no 3 tahun 2016 hal 34.

Undang-Undang Dasar Pasal 26 bab 4 No. 20 Tahun (2003): Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Dasar No. 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional

Syaikh Umar Baraja. Pengarang Kitab Akhlak AL- Libanen

Sugiono. (2014). Metode penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2004). metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Salafiyah. e jurnal , 288.

Syaodih, N. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Pendidikan , 291.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2504

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats