PEMBERDAYAAN UNTUK MENINGKATKAN TARAF HIDUP DI KAMPUNG ADAT CIREUNDEU CIMAHI

Authors

  • Oten Halawa IKIP Siliwangi
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi
  • Siti Rochana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2509

Keywords:

Pendidikan usia dini, masyarakat, mutu pendidikan

Abstract

Untuk melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara tepat, efektif dan efisien, dibutuhkan  kredibilitas sumber daya manusia masyarakat dan kualitas aparatur pemerintahan yang mampu merumuskan dan memformulasikan kebijakan, di sini dibutuhkan adanya daya kebijakan-kebijakan dari sumber manusia pemerintah daerah yang mampu merespon persoalan masyarakat setempat. Maka dari itu, Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kampung Adat Cireundeu Cimahi serta untuk memperkuat dan mengembangkan konsep dan teori yang berkaitan dengan peningkatan pendapatan masyarakat melalui program pemberdayaan. Sampel diperoleh dari wawancara pada 10 orang informan yang didukung dengan observasi serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program pelatihan yang berhubungan dengan kegiatan peningkatan pengembangan usaha telah dilakukan oleh pemerintah melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan di Kampung Adat Cireundeu Cimahi dilakukan melalui berbagai program pemberdayaan yaitu kegiatan bantuan pinjaman modal usaha melalui program nasional pemberdayaan masyarakat pedesaan, pengembangan motivasi bekerja dan berusaha pelatihan serta pelatihan keterampilan usaha ekonomi.

References

Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in the development of The Community. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 7 (1), 25-35.

Fitriana, W., & Mulyono, D. (2019). IMPLICATION OF INTERNSHIP III PROGRAMS ON SOCIAL COMPETENCY OF SILIWANGI IKIP PENMAS STUDENTS. P2M STKIP Siliwangi 6 (1), 14-20.

Kartasasmita, G. (1996). Pembangunan untuk Rakyat: Memadukan. Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: PT Pustaka Cidesindo.

Karwati, L., Ansori, A., & Mulyono, D. (2018). Women Empowerment to Build Entrepreneurship. Journal of Nonformal Education 4 (2), 169-176.

Mulyana, D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, D. (2014). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. Empowerment 1 (1), 63-68.

Mulyono, D. (2018). THE STRATEGY OF MANAGERS IN MOVING BUSINESS LEARNING GROUP PROGRAM IN PKBM SRIKANDI CIMAHI CITY. Journal Of Educational Experts (JEE) 1 (1), 41-50.

Rohaeti, E. E., Mulyono, D., Widiastuti, N., Ansori, A., & Samsudin, A. (2018). “Rumah Paseban†as a Development Model for the Sustainability of the Equivalency Education Program. The 1st Inter-University Forum for Strengthening Academic Competency (IFSAC) (pp. 247-257). Bandung: Lemlit Unpas Press Universitas Pasundan.

Rosita, T., & Ansori, A. (2018). Increasing Economic Capacity of Rural Community Through The Use Of Local Ecological Potency Based. Journal of Nonformal Education 4 (1), 89-96.

Saepudin, A., & Mulyono, D. (2019). Community Education In Community Development. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 8 (1), 65-73.

Samsudin, A., & Ansori, A. (2013). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI PENDIDKAN NON FORMAL (Upaya mempersiapkan pendidik dan peserta didik dalam menghadapi tantangan global untuk menjadi manusia pembelajar). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 2 (1), 1-15.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiastuti, N., & Kartika, P. (2018). PENERAPAN MODEL KELOMPOK USAHA KREATIF ISLAMI (KUKIS) DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BERBASIS PONDOK PESANTREN. Empowerment 6 (2), 20-29.

Downloads

Published

2019-09-15