UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI WARGA BELAJAR LKP HENNY`S MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN HANTARAN

Authors

  • Wulan Wijayanti Ikip Siliwangi
  • Prita Kartika IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2516

Keywords:

Keterampilan, LKP, Pelatihan

Abstract

Adanya jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia yang menjadi perhatian pemerintah memiliki jumlah yang cukup besar. Beberapa upaya sudah dilakukan untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan, salah satunya melalui pendidikan yang memberikan keterampilan yaitu pendidikan kecakapan hidup melalui kegiatan pelatihan guna membangun dan menumbuhkan sikap kewirausahaan kepada peserta. Masalah yang dikaji adalah pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup, hasil dari pelatihan kecakapan hidup dalam membangun sikap kewirausahaan, kendala-kendala yang dihadapi dalam membangun sikap kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup, mendiskripsikan hasil dari pelatihan kecakapan hidup dalam membangun sikap kewirausahaan, dan mendeskripsikan kendala-kendala yang yang dihadapi dalam membangun sikap kewirausahaan. Begitupun dengan penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan program pelatihan keterampilan hantaran ibu-ibu dan remaja puteri supaya memiliki kegiatan lain selain mengurus rumahtangga (2) untuk mengetahui hasil program pelatihan keterampilan hantaran dapat merubah nilai ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Prosedur analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di LKP Henny`s di jalan Pasatren no 36 A. Rt 01/Rw  15. Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara , Kota Cimahi dengan responden penelitian sebanyak 5 orang dengan pengelola berjumlah 4 orang dan alumni yang etlah mengikuti latihan hantaran 5 orang. Dan hasil dari penelitian yaitu (1) pelatihan hantaran ini telah mampu diikuti oleh masyarakat sekitar LKP yang mayoritas peserta didiknya yaitu ibu-ibu dan remaja putri yang tidak memiliki kegiatan lain selain mengurus pekerjaan rumah (2) para peserta didik lebih produktif dan telah mampu menghasilkan peluang usaha dengan mengaplikasikan dan menerapkan ilmu yang sudah didapat.

References

Anwar. (2015 : 45). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan keduabelas. . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Boediono. (1992). Teori Pertumbuhan Ekonomi. Balai Penelitian Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta, p. 180.

Direktorat Pembinaan Kursus Kelembagaan. (2016, April 14). Retrieved from Lembaga Pembinaan Kursus dan Kelembagaan: Tersedia: http://www.infokursus.net

Hatimah, I. &. (2008:4). Hatimah, Ihat & Sadri. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: CV Alfabeta.

Kaswan. (2016). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan SDM. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-05-27