MANAJEMEN LEMBAGA TAMAN KANAK – KANAK BERPRESTASI DALAM RANGKA MECETAK ANAK USIA DINI YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER (Studi Kasus di TK Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat )

Authors

  • Rina Siti Patimah
  • Sri Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3296

Keywords:

Manajemen, Lembaga Taman Kanak-Kanak Berprestasi, anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : perencanaan, pelaksanaan, hasil pelaksanaan, evaluasi dan kendala yang dihadapi lembaga sehingga bisa menjadi lembaga yang berprestasi di TK Islam waladun Sholih desa Jayagiri Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu satu orang pengelola dan tiga orang guru. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah : (1) Perencanaan yang dilakukan pengelola TK yaitu Kepala sekolah diantaranya membuat penyusunan program tahunan, pembagian tugas guru, dan persiapan pengadaan sarana dan prasarana, (2) Pelaksanaan program pendidikan yang dilakukan dengan baik, keterlibatan Kepala Sekolah dan semua guru dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan, (3) Hasil pelaksanaan program yang dilakukan melalui evaluasi, dan monitoring dari Kepala sekolah dalam semua aspek manajemen lembaga sekolah, (4) beberapa kesulitan yang dihadapi yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya peran serta orang tua dan kurangnya  tenaga pendidiki (5) Upaya- upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan program pendidikan di Lembaga TK dengan cara menambah sarana dan prasarana, mengadakan kegiatan parenting dan mengikuti seminar dan pelatihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru, (6) Adanya bantuan dan prioritas dari pemerintah setelah menjadi lembaga berprestasi. Rekomendasi penelitian mencakup pengoptimalan pelaksanaan program – program pendidikan, meningkatkan pengelolaan sarana dan prasarana sesuai delapan standar pendidikan, menambah tenaga pendidik, meningkatkan kompetensi guru dan mempertahankan semua prestasi lembaga yang telah didapat.

References

DAFTAR PUSTAKA

Hikmat. (2011), Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana. (2010). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Bandung : Sinar Algensido Offset.

Isjoni. (2011). Cooeperative Learning :Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung:Alvabeta

Ali, Mohammad, (1982). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi.Bandung:Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2020-01-28