LITERASI INFORMASI DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MASYARAKAT

Dinno Mulyono(1*), Ansori Ansori(2)

(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan teknologi dan informasi di tengah masyarakat membutuhkan sebuah kerangka yang menyeluruh, terkait dengan pendidikan dan implementasinya di tengah kelembagaan satuan pendidikan masyarakat, terutama berhubungan dengan berbagai pendekatan dalam proses pengelolaan informasi untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, tidak hanya berkaitan dengan pengembangan kompetensi membaca, menulis dan berhitung, tapi berhubungan dengan manajemen informasi itu sendiri agar dapat memberikan makna dan manfaat bagi kualitas kehidupan masyarakat. Dengan pendekatan pendidikan masyarakat, maka dapat dikembangkan sebuah model pembelajaran dengan memanfaatkan aksesibilitas dan kualitas teknologi informasi untuk menunjang program pemberdayaan yang ada. Termasuk memberdayakan satuan pendidikan masyarakat untuk memberikan dukungan atas pemanfaatan informasi dalam peningkatan kapasitas masyarakat itu sendiri.


Keywords


literasi informasi, pendidikan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in The Development of The Community. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 7 (1), 25-35.

Coral, S. (1998). Key Skills for Student in HIgher Education. . Sconul Newsletter, 15, 22-29.

Eisenberg, Lowe, & Spitzer. (2004). Information Literacy: Essentials Skills for the Information Age, Edisi ke-2. Westport: Libraries Unlimited.

Fitriana, W., & Mulyono, D. (2019). Implication of Internship III Programs on Social Competency of IKIP Siliwangi Penmas Students. P2M STKIP Siliwangi 6 (1), 14-20.

Markauskaite, L. (2006). Towards an integrated analytical framework of information and communications technology literacy: from intended to implemented and achieved dimensions. Information Research, 11(3) , 252-265.

Muhajang, T., & Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 15-22.

Murti, D. P., & Winoto, Y. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Literasi INformasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-5.

Novanita, N. K. (2017, March 26). Kompas.Com. Retrieved from Kompas.Com: https://www.kompas.com/read/2017/03/26/0845611/2016.konten.berisi.ujaran.kebencian.paling.banyak.diadukan.ke.polisi

Palupi, R. (2019). Penyalahgunaan Media Sosial Sebagai Alat Propaganda. Jurnal Komunikasi, 10(1), 69-76.

Pattah, S. H. (2014). Literasi INformasi; Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al Hikmah, 2(2), 117-128.

Verzosa, F. A. (2007, March 5). slideshare.net. Retrieved from Slideshare.net: https://www.slideshare.net/verzosaf/user-education-and-information-literacy-innovative-strategies-and-practices




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3516

Article Metrics

Abstract view : 2223 times
PDF - 1234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Comm-Edu (Community Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Comm-Edu is published by Community Education Study Program of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building C, First Floor, Room C-8

IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: comm-edu@ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Comm-Edu Journal

Comm-Edu by http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

e-ISSN : 2615-1480

p-ISSN : 2622-5492

 

View My Stats