PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA

Authors

  • Ipah Latipah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4150

Keywords:

Kewirausahaan, Media YouTube, Pemberdayaan Perempuan

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk membangun kemampuan dan konsep diri kaum perempuan melalui proses penyadaran dan pendidikan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengetahui pengaruh proses pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan media YouTube dalam meningkatkan keterampilan wirausaha. Lokasi penelitian dilakukan di LSM Bening Saguling Foundation Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seorang penelola pemberdayaan dan 10 orang ibu-ibu rumah tangga yang menjadi peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media YouTube yang digunakan dalam proses pemberdayaan perempuan dapat meningkatkan kreatifitas, minat dan motivasi para perempuan dalam kewirausahaan. Adapun kendala yang dihadapi yaitu minimnya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi, kesibukan dalam mengurus rumah tangga, dan kurangnya rasa percaya diri ibu-ibu dalam memulai usaha.

References

Darmawati, I. A. (2018). Pemanfaatan Media Youtube Berita Pendidikan dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5, pp. 234-239.

Dunnette, M. D. (1976). Keterampilan Mengaktifkan Siswa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hopskin, J. (2006, Oktober 11). Surprise! There's a third YouTube co-founder. Retrieved from USA Today: https://usatoday30.usatoday.com/tech/news/2006-10-11-youtube-karim_x.htm

Irianto, Y. B. (2015). Modul-1 Konsep-Kewirausahaan. Retrieved from http://file.upi.edu/Direkorat/FIP/JUR_ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/196210011991021-YOYON_BAHTIAR_IRIANTO/Modul-1-Konsep_Kewirausaan.pdf

Karwati, L. (2017). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS POTENSI ALAM SETEMPAT. Junal Ilmiah Visi, 12(1), 45-52.

Kasmir. (2012). Kewirausahaan (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kindarto, A. (2008). Belajar Sendiri YouTube (Menjadi Mahir Tanpa Guru). Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Kuswanti, A., & Oktarina, S. (2019). PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI DI ERA DIGITAL BAGI KEMANDIRIAN IBU RUMAH TANGGA. Suluh Pembangunan: Journal of Extention and Development, 1(1), 47-55.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, D., & Ansori. (2020). LITERASI INFORMASI DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MASYARAKAT. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 1-6.

Nashrullah, R. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Novian, B. (2010). Sekilas Tentang Pemberdayaan Perempuan. Artikel Sanggar Kegiatan Belajar Kota Pangkal Pinang.

Roesmidi, H., & Risyanti, R. (2006). Pemberdayaan Masyarakat. Sumedang: Alqa Print Jatinangor.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora, 16(2).

Sulistyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Suryana. (2006). Kewirausahaan: Pedoman Praktis. Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) tahun 2000-2004

Downloads

Published

2020-05-08