PEMANFAATAN APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI KERAJINAN ECENG GONDOK DI LSM BENING SAGULING FOUNDATION

Authors

  • Annissaa Shabirah Hasiani Mphoto Studio
  • Dewi Safitri Elshap IKIP Siliwangi
  • Wedi Fitriana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.5898

Keywords:

Instagram, Pendidikan Kecakapan Hidup, Penjulan Online

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh latar belakang di zaman era modern yang semakin pesat memudahkan aktifitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, terutama di bidang penjualan online,masyarakat bisa  berbelanja kapan saja dan dimana saja.Penelitian ini di fokuskan pada media sosial instagram yang kini banyak di gunakan oleh pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Dalam Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Menggunakan teori pelatihan, Media Instagram, life skillsdan penjualan. Teknik menganalisi data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Yang di jadikan objek penelitian adalah pengrajin eceng gondok yang berada di LSM Bening Saguling foundation. Yang berjumlah 6 orang, 2 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa manfaat pelatihan ini ada meningkatkan penjualan kerajianan eceng gondok.

References

Adib, M. (2011). Filsafat ilmu: onto-logi, epistemologi, aksiologi, dan logika ilmu pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boyd., E. &. (2008). Journal Computer Mediated Communication. Amerika: Tarleton State University.

Budiargo, D. (2015:48). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Delor, J. (2011). Pilar Pembelajaran Lift skills. Urgensi Pendekatan Multikultur dalam Pendidikan Cendekia Vol. 9 No. 2 , 214.

Dirjen PLSP, D. T. (2003). Program Life Skill Melalui Pendekatan Broad Based. Jakarta: Direktorat Tenaga Teknis Depdiknas.

Ernawati, E. (2017). Pertumbuhan Ekonomi. Perkembangan Teknologi Yang Pesat Vol 1 no 3, 21-22.

Farida Yusuf, T. (2000). Management Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Gunawan, D. d. (2015). viral effect of social network and media on consumers purchase intention. Journa of business research vol 68 no 11, 2237-2241.

Haris, H. (2010). buku Metodologi Penelitian Kualitatif.

Hidayatullah. (2011). Analisis Keuntungan Usaha Kerajinan Anyaman Eceng Gondok Di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Ziraa’ah. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat vol 1 no 3, 315-325.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan : Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2001). Prinsip-Prinsip Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks. Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS Hasan.

Mirawati. (2017). Perancangan Buku Bertema Pemanfaatan Eceng Gondok Beserta Media. Surabaya: Petra Christian University.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-28

Issue

Section

Articles